Dewan Pers

Dark/Light Mode

Asian Games Ditunda, Raja Sapta Oktohari Pastikan Kesehatan Atlet Fokus Utama

Jumat, 6 Mei 2022 18:40 WIB
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: Dok. NOC Indonesia)
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: Dok. NOC Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengumumkan penundaan Asian Games 2022 Hangzhou.

Kabar ini diterima setelah Okto, sapaan karib Raja Sapta, mengonfirmasi langsung kabar tersebut kepada Dewan Olimpiade Asia (OCA).

“Terkait penundaan Asian Games, saya sudah konfirmasi langsung dengan OCA, mereka membenarkan Asian Games edisi ke-19 yang dijadwalkan berlangsung 10-25 September 2022 ditunda,” ujar Okto, Jumat (6/5).

Berita Terkait : Sambut SEA Games Vietnam, Jersey Sayap Garuda Siap Antarkan Kejayaan Atlet

Asian Games Hanzhou dijadwalkan berlangsung pada 10-25 September 2022. Ini adalah kali ketiga China menjadi tuan rumah Asian Games, setelah sebelumnya penyelenggaraan berlangsung di kota Beijing (1990) dan Guangzhou (2010).

NOC Indonesia, dikatakan Okto, menyayangkan penundaan Asian Games Hangzhou. Terlebih, Federasi Nasional (NF) telah menyiapkan atlet untuk dapat meraih prestasi maksimal di Asian Games.

“Penundaan ini tentu juga berdampak dengan pembinaan prestasi karena cabor telah menyiapkan skema pembinaan, baik turnamen single-event dan multi-event. Ini juga akan memengaruhi biaya yang akan ditanggung NF,” ujar Okto.

Berita Terkait : Dukung Mudik Aman Dan Sehat, Rumah Pertamina Siaga Sediakan Layanan Kesehatan Gratis

Meski demikian, Okto menegaskan ia memahami situasi yang tengah terjadi di China. Negeri Tirai Bambu tengah dilanda gelombang Covid-19, bahkan Ibu kota China, Beijing, menutup puluhan stasiun metro dan rute bus sebagai upaya menghentikan penyebaran Covid-19.

Upaya tersebut juga dilakukan sebagai langkah antisipasi agar Beijing tidak seperti Shanghai yang tengah di-lockdown selama lebih satu bulan.

“NOC Indonesia juga memahami keputusan OCA, China Olympic Committee (COC) dan Hangzhou Asian Games Organizing Committee (HAGOC), mengingat kasus Covid-19 di sana masih tinggi,” ujar Okto.

Berita Terkait : Jelang SEA Games Vietnam, Ini Pesan Murdaya Po Untuk Atlet Golf Indonesia

Okto mengatakab pihaknya concern dengan keselamatan dan kesehatan atlet. Karena tidak mudah menyelenggaran multi-event di masa pandemi dan penundaan ini juga menjadi warning bagi kami, terutama sekarang sedang dalam masa persiapan akhir menuju SEA Games 2021 Vietnam.[WUR]