Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mantap, Indonesia Juara Umum Menembak SEA Games

Minggu, 22 Mei 2022 17:40 WIB
Anang Yulianto, perah emas nomor 25 meter standar pistol putra. (Foto : NOC)
Anang Yulianto, perah emas nomor 25 meter standar pistol putra. (Foto : NOC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Menembak Indonesia menjadi salah satu cabang olahraga yang  mendulang sukses di SEA Games 2021 Vietnam. Penembak-penembak Indonesia berhasil menahbiskan diri sebagai juara umum.

Status tersebut disandang Merah Putih usai menambah raihan dua medali emas, satu perak, satu perunggu pada hari terakhir pertandingan.

Emas disumbangkan Anang Yulianto (25 meter standar pistol putra) dan Muhammad Sejahtera Dwi Putra (10 meter running target putra).

Perak diberikan trio M Chuwai Zam/M Sejathera Dwi Putra/Irfandi Julio yang turun di nomor 10m running target team putra. Sementara perunggu dipersembahkan Muhammad Chuwai Zam di nomor inidividu 10m running target putra.

Baca juga : Tim Kano/Kayak Indonesia Sumbang Lagi 3 Emas

Persembahan mereka membuat Tim Menembak Indonesia mendapatkan 8 emas, 6 perak, dan 2 perunggu. Jumlah tersebut melampaui pencapaian di SEA Games 2019.

Manajer Tim Menembak Indonesia  Arh Candy Christian Riantori sangat puas dengan hasil ini. Ia merasa persiapan matang yang telah disusun tidak sia-sia.

"Sebetulnya hasil ini tidak diraih semudah membalik telapak tangan. Kami menjalankan program latihan yang ketat dan keras sejak proses seleksi," kata Candy.

"Kemudian pelatnasnya juga kami kombinasikan dengan mengikuti kejuaraan-kejuaraan dunia dan regional. Terakhir ke Budapest, Hungaria yang notabene seperti uji nyali karena kiblat cabor menembak memang di sana."

Baca juga : Sukses Besar, Karate Lampaui Target Emas SEA Games

"Alhamdulillah dari apa yang sudah kita laksanakan, atlet-atlet kita memiliki pengalaman bertanding yang memadai dan dalam event ini skornya meningkat. Padahal yang paling kita khawatirkan saat bertanding skornya turun dari latihan," tambahnya.

Meski begitu, Candy tak mau puas dengan raihan ini. Tim menembak Indonesia langsung membidik target lain yang lebih tinggi.

Meraih tiket ke Olimpiade 2024 menjadi prioritas utama. Pada edisi 2020, cabor menembak hanya mengirim satu wakil yaitu Vidya Rafika.

“Kami sudah ada skema menuju Olimpiade Paris, salah satunya mengikuti kejuaraan dunia. Namun demikian semua peluang terbuka untuk siapa pun, tergantung bagaimana progres mereka,” terang Candy.

Baca juga : Hadirkan Fitur Terbaru, Melon Indonesia Gaet Dua Brand Ambassador

Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono berkekuatan 499 atlet serta 214 official yang berpartisipasi di 32 cabor. Tim Indonesia ini juga mendapat dukungan dari official patners, seperti Wall’s dan Li-Ning, serta official media patner Merah Putih Media.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.