Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Piala Presiden Esport 2022 Digelar, Talenta Esports Nasional Siap Bertarung

Kamis, 4 Agustus 2022 21:14 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Kejuaraan olahraga elektronik non-developer terbesar di Indonesia, Piala Presiden Esports (PPE) 2022 dipastikan akan segera terselenggara dalam waktu dekat. Turnamen yang digagas oleh Presiden Jokowi ini memasuki edisi keempat berturut-turut sejak perdananya diselenggarakan pada 2019 lalu.

Pemerintah merasa optimis bahwa penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2022 akan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan ekosistem dan industri esports nasional.

Kepastian penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2022 ini disampaikan langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan Jend. TNI (Purn) Moeldoko dalam jumpa pers yang dihelat pada Kamis (4/8).

Menurut Moeldoko, konsistensi penyelenggaraan Piala Presiden Esports hingga edisi keempat ini menjadi pembuktian bahwa talenta-talenta esports Indonesia siap untuk berkompetisi dan meraih prestasi lebih tinggi lagi di panggung dunia.

Potensi Indonesia baik dari ekosistem, industri, maupun pemain sudah banyak dilirik pegiat esports baik di kawasan regional maupun internasional. Pemerintah mendukung penuh perhelatan Piala Presiden Esports 2022 yang akan segera bergulir, sebagai ajang mencari, mengasah, dan mendorong talenta lokal untuk bersaing di panggung dunia.

"Harapannya, Indonesia bisa mendominasi kancah esports dunia dengan segudang prestasi,” ujar Moeldoko.

Perhelatan Esports yang diinisiasi oleh Kantor Staf Presiden (KSP) ini juga melibatkan sejumlah kementerian dan lembaga lainnya, yaitu Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan PB Esports Indonesia (PBESI).

Baca juga : Asa Fadhli/Naufal Menembus Jaya Raya Pusat

Moeldoko menjelaskan, demi mewujudkan cita-cita atlet-atlet Esports berprestasi tingkat dunia, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2022 secara khusus juga mengintegrasikan berbagai program dan pengembangan Esports yang secara spesifik telah disusun oleh PBESI selaku induk cabang olahraga esports satu-satunya yang diakui pemerintah di Indonesia.

“Mari kita dukung Piala Presiden Esports agar membawa dampak positif bagi generasi muda Indonesia yang kreatif dan kompetitif. Ajang bergengsi ini merupakan kesempatan bagi talenta-talenta dari berbagai daerah dalam menampilkan kemampuan terbaik mereka dan menaklukkan dunia lewat esports,” tambah Moeldoko.

Kesiapan penyelenggaraan turnamen disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esports 2022 Rangga Danu Prasetyo.

Ia menjelaskan turnamen yang mengusung konsep artistik bertema “Beyonderfull” ini akan dibuka dengan seremoni kick off pada 10 Agustus 2022.

Memasang target peserta tidak kurang dari 150 ribu atlet, Piala Presiden Esports 2022 akan mempertandingkan sejumlah cabang game yaitu; Lokapala, Battle of Satria Dewa, Mobile Legends, PUBGM, Free Fire, dan satu game lokal dari sistem submission.

Selain trofi, para atlet dan tim yang bertanding akan berjuang memperebutkan prize pool senilai total Rp 1,8 miliar dan kesempatan untuk menapaki jenjang kompetisi bertaraf internasional.

Dari tahun ke tahun pelaksanaan Piala Presiden Esports, kami semakin yakin bahwa dengan kerja kolaboratif lintas sektoral dan stakeholders, Indonesia mampu menghelat turnamen Esports bergengsi kelas dunia.

Baca juga : Bulutangkis Piala Presiden 2022, DKI Targetkan Juara Umum

PPE 2022 adalah persembahan esports untuk negeri, merayakan bagaimana bibit-bibit muda berkompetisi untuk jadi yang terbaik mengharumkan Tanah Air. Harapannya, Piala Presiden Esports 2022 memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan generasi muda di kancah Esports,” jelas Rangga.

Dalam kesempatan yang sama Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Isnanta mengatakan bahwa dari tahun ke tahun pelaksanaannya, Piala Presiden Esports selalu melahirkan talenta-talenta muda Esports Indonesia.

Atlet potensial terus bermunculan dan jenjang karir mereka terlihat jelas dalam berbagai tim esports profesional tempat mereka akhirnya bernaung.

“Kita sudah banyak melihat prestasi atlet-atlet muda Indonesia yang menarik atensi negara lain. Harapannya, Piala Presiden Esports mencetak semakin banyak atlet profesional yang kelak mengharumkan Indonesia.

Tak hanya itu, Piala Presiden Esports 2022 juga dapat menjadi showcase bahwa Indonesia mampu menghelat sebuah kompetisi profesional dengan standar internasional,” terang Isnanta.

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Komjen Polisi Bambang Sunarwibowo optimistis bahwa Piala Presiden Esports dapat menjadi wadah unjuk bakat dari para talenta Esports Tanah Air.

Kerja sama lintas sektor yang dijalani, menjadi bukti bahwa Piala Presiden Esports 2022 adalah upaya Pemerintah RI untuk menguatkan sistem keolahragaan Indonesia, khususnya di bidang Esports.

Baca juga : Tok, Piala Presiden Bulutangkis Digelar 1-6 Agustus

Piala Presiden Esports yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya, menjadi bukti nyata bahwa ekosistem Esports Indonesia sudah semakin berkembang, tidak hanya dari sisi atlet tapi juga industrinya.

Pada penyelenggaraan PPE tahun ini, atlet maupun tim guna memperebutkan gelar juara sekaligus kesempatan untuk mengikuti turnamen Esports skala internasional IESF World Championship 2022 pada bulan Desember mendatang,” papar Bambang.

Selain kolaborasi dari berbagai kementerian dan lembaga, Piala Presiden Esports 2022 juga menjadi ruang bagi berbagai kalangan industri untuk turut serta dalam pengembangan Esports nasional.

BCA merupakan sektor swasta yang secara konsisten menunjukkan dukungannya terhadap industri esports melalui keterlibatannya dalam Piala Presiden Esports sejak edisi pertama di 2019.

Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono menyatakan bahwa esports adalah salah satu bidang yang perlu diperhatikan dan didukung secara serius perkembangannya.

Oleh karena itu, BCA kembali berpartisipasi dan memberikan dukungannya pada Piala Presiden Esports 2022.

“BCA senantiasa memberi dukungan terhadap perkembangan esport di Indonesia, salah satunya dengan menjadi bagian dalam ajang Piala Presiden Esports 2022 yang menjadi tonggak turnamen bagi seluruh atlet Esports di Indonesia.," ujar Antonius.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.