Dewan Pers

Dark/Light Mode

Semester I 2022, Pelanggan Kereta Api Naik 42 Persen

Selasa, 19 Juli 2022 10:41 WIB
Penumpang kereta api. (Foto: Dok. KAI)
Penumpang kereta api. (Foto: Dok. KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat volume pelanggan KA Jarak Jauh pada Semester I 2022 yaitu 119,8 juta pelanggan, naik 42 persen dibanding Semester I 2021 sebanyak 84,1 juta pelanggan.

Volume pelanggan pada Semester I 2022 didominasi oleh pelanggan KRL di wilayah Jabodetabek dimana jumlahnya mencapai 89,9 juta pelanggan.

Kenaikan ini ditunjang oleh meredanya pandemi Covid-19, tingkat vaksinasi yang semakin membaik, dan relaksasi persyaratan perjalanan di awal tahun 2022.

 

 

“Kinerja angkutan penumpang KAI grup pada Semester I 2022 mengalami recovery yang signifikan. Tren positif ini menunjukkan mulai meningkatnya mobilitas masyarakat serta meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap angkutan kereta api,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Selasa (19/7).

Joni menambahkan, tahun ini, KAI juga terus memperluas layanan dengan mengoperasikan kembali jalur KA Garut - Cibatu pada 24 Maret 2022. Jalur Garut - Cibatu dibuka pertama kali pada tahun 1889 dan berhenti beroperasi pada tahun 1983.

 

Peresmian Stasiun Garut. (Foto: Dok. KAI)

Berita Terkait : Sambut Liga 1, Macan Kemayoran Pamer Jersey Anyar

 

Dalam reaktivasi jalur sepanjang 19 km tersebut, juga dioperasikan kembali 3 stasiun yaitu Stasiun Garut, Wanaraja, dan Pasirjengkol.

Pada periode Semester I 2022 pula, KAI kembali menyelenggarakan Angkutan Lebaran, setelah 2 tahun vakum akibat kasus pandemi Covid-19 masih tinggi.

Volume pelanggan pada Angkutan Lebaran 2022 mencapai 4,39 juta pelanggan yang diselenggarakan selama 22 hari yakni 22 April sampai 13 Mei 2022.

 

Penumpang kereta api di saat mudik Lebaran 2022. (Foto: Dok. KAI).

 

Joni mengatakan, pencapaian luar biasa tersebut telah mendekati pencapaian Angkutan Lebaran di tahun 2019 sebanyak 6,84 juta pelanggan.

Untuk mengajak masyarakat menggunakan kereta api, KAI menyelenggarakan 2 event promo tiket yaitu KAI Access Online Travel Fair pada 27 sampai 29 Maret 2022 dan KAI Access Ramadan Festive 2022 pada 19-21 April 2022.

Berita Terkait : Gunakan NPK Pelangi JOS, Panen Kentang Modoinding Minahasa Selatan Naik 55 Persen

Total sebanyak 82 ribu tiket dengan potongan harga khusus KAI hadirkan bagi pelanggan untuk kedua event promo tersebut.

Dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap pelanggan, KAI terus berkolaborasi dengan berbagai pihak. Pada 2 Februari 2022, KAI bekerja sama dengan Perum DAMRI untuk menghadirkan layanan antarmoda Kereta Api Jarak Jauh dengan Bus DAMRI.

Pelanggan KA Jarak Jauh dapat memesan tiket Bus DAMRI untuk menuju stasiun keberangkatan maupun dari stasiun kedatangan ke tujuan yang diinginkan melalui aplikasi KAI Access.

Selain itu pada 15 Juni 2022, KAI bersama dengan Transjakarta melakukan kolaborasi strategis yang meliputi sistem integrasi antarmoda, pengembangan usaha transportasi terpadu, dan pengembangan kawasan berorientasi transit.

"KAI selalu konsisten mematuhi aturan pemerintah terkait perjalanan menggunakan kereta api di tengah regulasi transportasi kereta api di tengah pandemi sangat dinamis," ujar Joni.

 

Mulai 17 Juli 2022, KAI menerapkan aturan yang menyesuaikan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022. Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pelanggan di masa pandemi, KAI menghadirkan layanan vaksinasi gratis di berbagai stasiun.

“KAI optimis bahwa adanya kebijakan ini tidak menyurutkan minat masyarakat untuk bepergian dengan kereta api yang selalu mengedepankan protokol kesehatan,” ujar Joni.

Pada Semester I ini pula layanan kereta api terdapat momentum untuk melakukan penindakan terhadap penumpang yang melakukan pelecehan seksual selama dalam perjalanan kereta api.

Berita Terkait : Gugatan PTUN Dimenangkan Pengusaha, UMP DKI 2022 Batal Naik 5,1 Persen

Hal ini merupakan langkah tegas yang KAI lakukan untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual di layanan KAI. Di samping menggandeng Komnas Perempuan, YLKI, Pemerintah Daerah, kepolisian, dan stakeholders lainnya, KAI juga melakukan kampanye serentak di berbagai kota.

Untuk perbaikan secara keseluruhan di setiap layanannya, KAI terbuka atas semua saran, masukan, dan kritik. KAI berkomitmen untuk berbenah dengan selalu mendengarkan input dari pelanggan dan segera menginfokan kepada pelanggan jika terjadi perubahan aturan, skema pelayanan, atau hal penting lainnya.

 

 

KAI mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan yang telah menggunakan jasa KAI selama Semester I 2022 ini.

"Kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus menggunakan kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” pungkas Joni. ■