Dark/Light Mode

Menpora Apresiasi Gorontalo Jadi Tuan Rumah Asian Mini Football Championship I 2023

Minggu, 18 September 2022 06:17 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali  (tengah). (Foto : Kemenpora)
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (tengah). (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyaksikan penyerahan surat penunjukan Gorontalo sebagai tuan rumah Asian Mini Football Championship I Tahun 2023, di Ballroom Hotel Aston Kota Gorontalo, Jum'at (16/9) malam. 

Surat penunjukan diserahkan President Asia Mini Football Confederation (AMFC) Mohammad Hesham Aldousari kepada Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer. Selain penyerahan surat tersebut juga ditandatangani MoU, Komitmen Bersama, dan Launching Logo dan Maskot Asian Mini Football Championship I Gorontalo Tahun 2023.

"Baru saja saya dan kita semua menyaksikan penandatanganan MoU dan juga launching maskot tadi ya dan penyerahan surat dari President Asia Mini Football Confederation tentang ditunjuknya Gorontalo sebagai tuan rumah tahun depan," ucap Menpora Amali usai acara.

"Yang membanggakan lagi ini menjadi yang pertama di Asia, bahkan tadi dikatakan oleh Presiden AMFC bahwa Gorontalo sebagai lahirnya (kejuaraan) mini football Asia," tambahnya.

Baca juga : Desember, Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

Kepercayaan yang diberikan merupakan sesuatu hal positif yang harus dijaga bersama. Pemerintah pusat akan mensuport dan seluruh Kabupaten/Kota di Gorontalo akan baju membahu menyukseskan.

"Nah ini saya kira menjadi salah satu hal yang sangat bagus dan kepercayaan kepada Gorontalo saya minta dijaga oleh Pak Gubernur dan para Bupati/Walikota supaya bisa melakukan ini dengan baik," ucapnya.

"Dan terima kasih kepada Ketua Federasi Mini Football Indonesia Pak Andibachtiar Yusuf, tentu atas upayanya sehingga kita bisa ditunjuk sebagai tuan rumah dan kita akan berikan dukungan kepada Provinsi Gorontalo yang akan menyelenggarakan ini tahun depan," tutupnya.

Ketika launching maskot, Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mengatakan bahwa untuk maskot diambil dari hewan yang unik dan sekarang hanya ada di hutan-hutan Gorontalo yaitu Tarsius. Untuk olahraga tergambar kecepatan melompat, energik, dan bahkan secara penelitian hewan yang setia karena jika pasangannya mati tidak akan mencari pasangan baru lagi.

Baca juga : HAORNAS Jadi Momentum Wujudkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

"Pak Menteri kenapa kita pilih maskot Tarsilo yang artinya Tarsius Gorontalo karena dari sekian kehebatan hewan tersebut adalah unsur kesetiaan," kata Pj Gubernur Hamka.

"Dan untuk tagline adalah Gorontalo Bisa Olo. Setelah ini akan mulai kita pasang di kendaraan-kendaraan dinas dan kita sosialisasikan maskot dan tagline agar Gorontalo sukses menjadi tuan rumah," imbuhnya.

Sementara President AMFC Mohammad Hesham Aldousari mengatakan alasan penentuan Gorontalo menjadi tuan rumah gelaran mini football Asia karena dukungan para pejabat negara dan prestasi.

"Kenapa Gorontalo, pertama karena mendapat dukungan dari Pak Menteri Pemuda dan Olahraga, Pak Gubernur dan seluruh pejabat di negara ini dan yang kedua mini football Indonesia saat ini terbaik setidaknya di Asia Tenggara," kata Hesham.

Baca juga : Media Internasional Soroti Kekerasan Terhadap Etnis Minoritas China

"Bahkan ada negara lain yang menggoda untuk mengalihkan, saya tetap pada keputusan memilih Gorontalo Indonesia," jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.