Dewan Pers

Dark/Light Mode

Menpora: Porsimaptar Implementasi Dari DBON

Selasa, 27 September 2022 05:54 WIB
Menpora Zainudin Amali saat membuka Porsimaptar. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali saat membuka Porsimaptar. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora ) Zainudin Amali menjadi inspektur upacara Pekan Olahraga Kesenian Mahasiswa Pelajar dan Taruna (Porsimaptar) XXII yang diselenggarakan oleh Akademi Kepolisian (Akpol) di Stadion Taruna Akpol, Semarang, Senin (26/9). 

Pada acara pembukaan, Menpora Amali menyalakan obor sebagai tanda dimulainya Porsimaptar XXII. Porsimaptar XXII ini ada 13 perlombaan yaitu bola voli, basket, badminton, LKBB, atletik, karya tulis, band, canvas panting, robotic, infografis, bahasa Inggris, dance competition dan hacking.

Menpora Amali yang memberikan amanah pada seluruh peserta menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Akpol yang menyelenggarakan acara ini. Menurutnya, Porsimaptar yang rutin digelar ini adalah, bagian dari membentuk SDM yang kokoh dan tangguh untuk sehat dan bugar. 

Berita Terkait : Menpora: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

"Syukur alhamdulilah pagi ini kita mulai kegiatan Porsimaptar XXII yang selalu rutin diselenggrakan oleh Akpol. Olahraga merupakan kebutuhan kita, tidak mungkin membangun SDM yang tangguh dan kokoh kalau SDM kita tidak sehat dan bugar dengan berolahraga. Olahraga harus menjadi gaya hidup bagi masyarakat, semakin sehat dan bugar masyarakat maka kita akan memiliki daya tahan yang baik," kata Menpora Amali. 

"Saya apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada Akpol yang menyelenggarakan acara ini, baik olahraga dan seni. Bagi saya seni membuat hati kita menjadi lembut dan selalu bahagia. Perpaduan olahraga dan seni, adalah satu harmoni yang sangat baik," tambah Menpora. 

Mudah-mudahan kegiatan Porsimaptar XXII kali ini bisa memberikan manfaaat kepada peserta dan masyarakat di lingkungan sekitar. Kegiatan ini diharapkan bisa memunculkan talenta muda khususnya untuk olahraga yang sudah memiliki Desain Besar Olahraga Nasional. Hulunya kebugaran dan hilirnya adalah prestasi. 

Berita Terkait : Pujian DPR Ke Menpora: Anggaran Kecil, Prestasi Besar

Porsimaptar XXII ini dilaksanakan mulai 26 September sampai 30 September 2022 dan diikuti peserta dari luar negeri. Ada 17 negara yang mendaftar untuk mengikuti Porsimaptar. Untuk total peserta yang sudah mendaftar ada 500 orang untuk semua cabang perlombaan dimana 5 lomba offline dan 8 lomba online.

Tak hanya itu, dalam Porsimaptar XXII juga menampilkan beberapa musisi nasional seperti Kevin Abraham penyanyi jebolan Indonesia Idol yang akan tampilan tanggal 28 September 2022. Lalu ada The Changcuters yang akan tampil tanggal 29 September 2022. Dan puncaknya ada penampilan Yovie&Nuno tanggal 30 September 2022.

Ikut hadir pada acara pembukaan Porsimaptar XXII yakni, Wakil Kepala Lemdiklat POLRI Irjen. Pol. Drs. Eko Budi Sampurno, Wakil Gubernur AKPOL Brigjen. Pol. Awi Setiyono, Sekda Prov Jawa Tengah Sumarno, Wakapolda Jawa Tengah Brigjen. Pol. Abiyoso Seno Aji, Kasdam IV / Diponegoro Brigjen TNI Parwito, dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi.