Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menpora: Kolaborasi Pemerintah Pusat Dan Daerah Kunci Sukses DBON

Minggu, 11 September 2022 05:47 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Ist)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora ) Zainudin Amali menegaskan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah menjadi sangat penting dalam kesuksesan menerapkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Dengan terjalinnya kerja sama yang baik, diharap Indonesia dapat mencetak atlet berprestasi. 

“Kolaborasi pemerintah pusat dengan provinsi serta kabupaten/kota harus terjalin. Tidak mungkin hanya dikerjakan pemerintah pusat saja,” kata Menpora Amali dalam keterangan tertulisnya usai peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (9/9). 

Baca juga : Menperin: Industri Penerbangan Kita Punya Masa Depan Cerah

Menpora Amali menerangkan, keberadaan DBON tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021. Perpres ini ditandatangani Presiden Joko Widodo tepat pada peringatan Haornas 2021. Kehadiran DBON juga semakin kokoh dengan adanya dukungan dari banyak pihak. 

Peringatan Haornas tahun ini mengambil tema Bersama Cetak Juara. Hal ini sejalan dengan semangat Desain Besar Olahraga Nasional. Kendati tema setiap peringatan Haornas berbeda, namun memiliki makna dan tujuan yang sama yakni membangun semangat kebangsaan. 

Baca juga : Pengusaha Transportasi Minta Pemerintah Naikkan Tarif Penyeberangan

Dengan adanya DBON, pembinaan olahraga nasional kini telah menemukan arah yang tepat. Segala aspek pun diperhatikan, misalnya pengiriman atlet ke multievent. Hal tersebut menjadi salah satu contoh yang konkret dari paradigma baru olahraga. 

“DBON telah mengatur dari hulu sampai hilir yakni mulai kebugaran sampai prestasi. Masyarakat Indonesia harus sehat dan bugar, dan para atlet diharap dapat mampu mengharumkan nama bangsa dipentas dunia,” terang Menpora Amali.

Baca juga : Pemerintah Perpanjang PPKM, Semua Daerah Statusnya Level I

“Target DBON harus bisa kita wujudkan secara bersama-sama. Oleh karenanya, melalui momentum ini mari berolahraga untuk mendapatkan kebugaran, menjadi tangguh, berkarakter, dan bersama cetak juara,” pungkas Menpora Amali.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.