Dark/Light Mode

Kontrak Tak Kunjung Diperpanjang MU

David De Gea Pasrah

Rabu, 12 Oktober 2022 07:00 WIB
David De Gea. (Foto: Getty Images).
David De Gea. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kiper utama Manchester United (MU), David de Gea hanya bisa pasrah, andai didepak klubnya. Hingga saat ini kontraknya yang habis Juni 2023 tak kunjung diperpanjang.

Diketahui, Setan Merah --julukan MU-- belakangan ini merasa galau apakah akan mempertahankan De Gea atau tidak. Apalagi saat ini, kiper asal Spanyol itu banyak blunder.

Sebenarnya, MU masih punya opsi untuk memperpanjang kontrak De Gea setahun lagi. Tapi ada kemungkinan Manajer MU Erik Ten Hag bakal membuat keputusan lain.

Baca juga : Punya Kuku Terpanjang Di Dunia, Ribet Ya?

Hal ini menyusul banyaknya kecaman yang didapat De Gea awal musim ini karena melakukan sejumlah kesalahan fatal berujung gol lawan. Kecerobohannya dalam mengoper dan mendistribusikan bola menjadi sorotan.

Datangnya Erik Ten Hag sebagai manajer baru memang membuat De Gea mesti mengubah perannya menjadi kiper yang banyak terlibat dalam permainan. Selama ini, ia dikenal sebagai shot stopper, bukan sweeper keeper yang mahir dengan kaki-kakinya namun dibutuhkan Ten Hag.

Meski demikian, kesulitan di awal musim ini tak bikin De Gea berkecil hati. Pria 31 tahun itu masih berharap bisa bertahan selama beberapa musim lagi di MU. “Tentu saja, saya ingin berada di sini lebih lama lagi. Tapi saya cuma bisa pasrah andai didepak dari MU,” kata De Gea seperti dikutip dari The Sun, kemarin.

Baca juga : Tragedi Kanjuruhan Dan 4 Hal Yang Mempengaruhi Dampak Gas Air Mata

Tapi, segala keputusan terkait masa depan De Gea di MU ada di tangan Ten Hag. Manajer asal Belanda itu sejauh ini sudah membuat sejumlah keputusan berani, termasuk menepikan Cristiano Ronaldo dan kapten Harry Maguire.

Ia diperkirakan bisa membuat keputusan serupa terkait De Gea. MU sejatinya punya Martin Dubravka, yang didatangkan musim panas kemarin. Tapi Ten Hag masih menunjukkan kepercayaannya terhadap De Gea.

“Semuanya tergantung cara Erik ten Hag bermain. Kalau dia mau main dari belakang seperti dengan Ajax, kuncinya adalah seseorang yang punya kemampuan kaki lebih baik,” kata mantan bek MU Rio Ferdinand.

Baca juga : Kemenkumham Perpanjang Masa Berlaku Paspor Jadi 10 Tahun

Namun, hal itu belum cukup karena hal itu mesti ditunjang performa kiper yang mumpuni. Salah satunya David de Gea yang selama ini berperforma baik walau kerap melakukan kesalahan.

“Rasanya dia (De Gea) masih cukup oke walau bukan sweeper keeper mumpuni. Tapi dia senantiasa merespons kesulitan dan tantangan yang dihadapi dengan sangat baik. Saya akan memperpanjang kontraknya kalau di posisi Ten Hag,” tuturnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.