Dark/Light Mode

Indonesia Optimistis Juara di Ajang Khon Kaen Games 2019

Kamis, 1 Agustus 2019 06:40 WIB
Tim Indonesia saat defile pembukaan acara 22nd Thailand Sports School 2019 Khon Kaen Games di Thailand, Selasa (30/7). (Foto : Kemenpora)
Tim Indonesia saat defile pembukaan acara 22nd Thailand Sports School 2019 Khon Kaen Games di Thailand, Selasa (30/7). (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kompetisi bagi Sekolah Khusus Olahraga (SKO) bertajuk 22nd Thailand Sports School 2019 Khon Kaen Games resmi dibuka pada Selasa (30/7) malam. Multi event antar SKO yang menggelar 21 cabang olahraga itu dibuka oleh Wakil Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand, Dr. Panya Harnlamuang. Acara dimulai 30 Juli hingga 8 Agustus 2019 mendatang.

Tata cahaya, laser yang dipadukan oleh gemerlapnya kembang api, mengiring seremonial pembukaan yang berlangsung di Stadium Khon Kaen itu Ajang ini diikuti lebih dari 9.000 atlet yang akan bersaing di bawah slogan "Persahabatan Tanpa Batas", dari 49 sekolah olahraga di ASEAN, seperti tuan rumah Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia, dan Brunei.

Baca juga : BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Makin Kinclong

Indonesia sendiri diwakili tiga sekolah olahraga, seperti SKO Ragunan Kemenpora, PPLP DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Untuk SKO Ragunan Kemenpora diikuti oleh 78 atlet yang mengikuti tujuh cabang olahraga seperti sepakbola, panahan, renang, atletik, gulat dan bola voli serta pencak silat.

Bayu Rahadian selaku CdM kontingen Indonesia mengatakan bahwa melalui Thailand Sport School Games ini sebagai ajang evaluasi, lantaran siswa SKO memang dipersiapkan untuk bertanding.

Baca juga : Indonesia Juara Umum ASG 2019

"Kita mengharapkan prestasi yang terbaik dari anak didik kita, apa yang dicapai akan menjadi evaluasi kita kedepannya. Keberhasilan menjadi sebuah pemicu, namun kegagalan tentu akan dievaluasi,karena mereka memang disiapkan untuk siap bertanding dan berprestasi," ucapnya.

Sementara itu, Suryati, selaku Sekeretaris Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora menilai persaingan diajang ini cukup ketat, meski demikian dirinya mendorong para wakil dari Indonesia harus optimis mempersembahkan prestasi di Negeri Gajah Putih itu.

Baca juga : Realistis, Golkar Cuma Ajukan 5 Calon Menteri

"Persaingan diajang ini memang cukup ketat, akan tetapi bukan membuat kita pesimis, namun sebuah langkah awal keoptimisan kita untuk membuktikan kemampuan dari pada atlet-atlet kita, untuk itu kami berharap anak-anak selalu semangat setelah dipertandingan pertama kita meraih kemenangan melalui cabang olahraga sepakbola, semoga itu bisa menular pada cabang olahraga lainnya," ucap Suryati.

Disisi lain, mantan atlet bulutangkis nasional Luluk Hadiyanto, memimpin kontingen Indonesia dalam defile opening ceremony. Bersama para atlet Merah-Putih, dengan langkah tegap melewati podium kehormatan, menjadi simbol keoptimisan kontingen Indonesia untuk berada di podium tertinggi ajang yang telah dihelat sejak 22 tahun lalu itu. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.