Dark/Light Mode

Siamo Indonesia Meriahkan Hari Musik Italia di Halaman Pantheon Roma

Minggu, 23 Juni 2019 09:16 WIB
Dubes RI untuk Italia, Esti Andayani memberikan sambutan dalam Perayaan Hari Musik Italia di Piazza della Rotonda, yang terletak di halaman bangunan bersejarah, Pantheon Roma, Jumat (21/6). (Foto: KBRI Roma)
Dubes RI untuk Italia, Esti Andayani memberikan sambutan dalam Perayaan Hari Musik Italia di Piazza della Rotonda, yang terletak di halaman bangunan bersejarah, Pantheon Roma, Jumat (21/6). (Foto: KBRI Roma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memeriahkan Hari Musik atau Festa della Musica di Italia, KBRI Roma menggelar pertunjukan musik bertema “Siamo Indonesia” (Kami Indonesia, red), Jumat (21/6) sore.

Pertunjukan ini memiliki arti spesial karena berlokasi di Piazza della Rotonda, persis di halaman bangunan bersejarah, Pantheon Roma, yang merupakan salah satu ikon peradaban Romawi yang berusia hampir 2.000 tahun.

Baca juga : Bupati Irna Resmikan 248 Huntara untuk Warga Pandeglang

Dari panggung di tengah keramaian pusat wisata kota Roma ini, terdengar lantunan lagu tradisional Indonesia dari berbagai daerah, yang dibawakan dengan instrumen tradisional seperti gamelan, angklung, suling Bali, kolintang, maupun instrumen modern.

Ratusan pengunjung termasuk para pejabat kota Roma, masyarakat setempat dan para turis menikmati sajian musikal ini. Alunan musik itu dibawakan oleh musisi remaja Indonesia dari grup Nusantara Etnik, yang menampilkan lagu-lagu daerah, termasuk kreasi sendiri.

Baca juga : Snack dan Minuman Khas Indonesia Meriahkan French Kiss Asia di Paris

Warga Italia pecinta Indonesia, menginterpretasi tembang Jawa dengan instrumentasi Barat. Juga ada tim kesenian dari Kota Manado. Tak ketinggalan, para staf KBRI Roma dan WNI setempat ikut berpartisipasi. Tiara Siahaan (pianis berusia 15 tahun) dan Timothy Samosir (saksofon/suling) serta Marthalina (vocal) dari grup Nusantara Etnik menampilkan lagu ciptaan Tiara, "Taksu Pregina (the Beauty of Bali Dancer)" dan "Hello Jakarta", berkolaborasi dengan penari Nadita Amalia dari Roma.

Mereka juga berkolaborasi dengan para Staf KBRI Roma dari grup Dwi Loka, yaitu Harley (terompet), Charles (saksofon), Rahmat (kendang) dan Lona (gamelan, angklung), menyanyikan lagu-lagu daerah seperti "Angin Mamiri", "Sai Anju Ma Au" dan lagu "O Sole Mio" dari Italia. Sementara itu, tim kesenian binaan Dinas Pariwisata Kota Manado menyuguhkan rangkaian lagu "Esa Mokan", "Un Genang", dan "Kota Manado" dengan instrumen kolintang serta tarian Kabasaran.

Baca juga : Sampaikan Salam Idul Fitri, Pegawai Pertamina di Perbatasan Tetap Bekerja

Sejumlah musisi muda Italia, yaitu Illaria Meloni (vocal), Francesca (piano), Alessandro (gitar), dan Domenico (trumpet, synth) menyanyikan tembang Jawa "Yen In Tawang" dan "Dandang Gula Banjet" dalam interpretasi musikal yang lebih eksperimental.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.