Dark/Light Mode

Menpora : Saatnya Indonesia Juara Umum ASG 2019

Selasa, 25 Juni 2019 20:23 WIB
Menpora Imam Nahrawi saat Launching Logo dan Maskot Asean Schools Games (ASG) XI 2019, di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (25/6) siang. (Foto : Kemenpora)
Menpora Imam Nahrawi saat Launching Logo dan Maskot Asean Schools Games (ASG) XI 2019, di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (25/6) siang. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu penentu prestasi atlet adalah semakin banyaknya pengalaman dan jam terbang bertanding dalam level kejuaraan yang berjenjang meninggi. Karena itu, Menpora Imam Nahrawi, mendorong terselenggaranya kejuaraan olahraga pelajar se Asean agar prestasi pelajar Indonesia terus meningkat. 

Hal itu dikatakan Menpora saat Launching Logo dan Maskot ASEAN Schools Games (ASG) XI 2019, di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (25/6) siang,

Baca juga : Kesenian Indonesia Meriahkan Museum Night 2019 di Budapest

ASG adalah event tahunan para pelajar Asean berkompetisi dalam bidang olahraga. Semarang akan menjadi tuan rumah ASG pada 17 Juli mendatang. Tahun ini, even ASG sudah berjalan ke-11 kali. Dijelaskan Imam, setidaknya sudah 11 tahun sarana kerjasama dan pengenalan budaya Asia Tenggara ini dapat dipakai sebagai upaya menambah jam terbang pengalaman atlet-atlet junior muda bertemu dengan atlet-atlet luar negeri.

Sebagai catatan penting dan bahan evaluasi saatnya prestasi tingkat pelajar juga menjadi perhatian, mengingat dari 10 kali keikutsertaan Indonesia di ASG baru sekali Juara Umum saat di Brunai Darussalam tahun 2015.

Baca juga : Menpora Harap NPC Raih Hasil Terbaik di Asean Para Games 2020

"Kali ini ASG ke-11, dari 10 kali pelaksanaan sebelumnya 9 kali lepas Indonesia tidak juara umum. Sekarang kita tuan rumah, tetap dengan regulasi yang benar tanpa kecurangan, kita berharap bisa kembali menorehkan prestasi menjadi juara umum," kata Menpora.

ASG dapat dipakai sebagai salah satu instrumen jenjang pembinaan atlet dari jalur pelajar yang juga dapat ditingkatkan terus dalam level selanjutnya di tingkat Asia. Indonesia diharapkan terus mempersiapkan diri, menggalang dukungan, dan terus menginisiasi agar even olahraga tahunan di Asia Tenggara ini dapat meningkat terselenggara ke jenjang Asian Schools Games (tingkat Asia).

Baca juga : Belanda dan Jerman Dukung Indonesia Perangi Anti Mikroba

"Setelah sukses di ASEAN Schools Games, Indonesia harus mengawali level Asia yaitu Asian Schools Games. Indonesia sukses menjadi tuan rumah Asian Games, maka kita siap menjadi tuan rumah Asian Schools Games yang pertama, dan nanti setelah itu kita buat level dunia, kita bisa, saya melihat potensi sumber daya dan dukungan kita luar biasa, mari kita persiapkan dengan baik" pinta Menpora. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.