Dewan Pers

Dark/Light Mode

Piala Dunia 2022 Qatar

Belgia Vs Kanada: Lukaku Absen, De Bruyne-Hazard Jadi Andalan

Rabu, 23 November 2022 12:41 WIB
Para pemain Belgia. (Foto : ist)
Para pemain Belgia. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kamis (24/11) dini hari nanti Belgia akan memulai aksinya di Piala Dunia 2022 Qatar melawan Kanada di Stadion Al Rayyan.

Belgia masih berkekuatan pemain kelas dunia seperti Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Romelu Lukaku, hingga Thibaut Courtois. Namun Lukaku dipastikan masih absen lantaran cedera.

Bukan hanya Lukaku, Belgia juga terancam kehilangan bek kanan Thomas Meunier yang sepertinya masih dalam pengaruh cedera patah tulang pipi.

Pelatih Roberto Martinez  menegaskan anak asuhnya telah siap mengukir prestasi. "Sekarang tinggal menyiapkan semua orang. Kami tak boleh berharap menjuarai Piala Dunia jika kami tidak dalam kondisi terbaik."

Berita Terkait : Bantai Australia 4-1, Pelatih Prancis: Ini Baru Permulaan

Eden Hazard yang hampir tidak pernah dimainkan Real Madrid karena cedera bakal diturukan sebagai starter bersama Kevin De Bruyne yang pandai membongkar pertahanan lawan mana pun.

Sedangkan bek Jan Vertonghen sudah mengatasi cedera sehingga bisa diturunkan sejak menit pertama.

Yang menjadi pertanyaan Martinez adalah bagaimana memasang striker Lois Openda yang sedang dalam performa terbaiknya dan menjadi alternatif untuk Batshuayi.

Sementara itu, Kanada tengah menikmati kiprah kedua mereka dalam Piala Dunia setelah Piala Dunia Meksiko 1986 ketika mereka kalah dalam tiga pertandingan fase grup tanpa mencetak satu pun gol.

Berita Terkait : Main Kaca Mata Lawan Tunisia, Pelatih Denmark: Kami Mainnya Lambat

"Secara kolektif, kami harus sangat ketat sebagai tim dan bergerak dalam satu kesatuan, sebagai kolektif," kata gelandang Jonathan Osorio seperti dikutip Reuters.

"Mencari waktu yang tepat guna menekan mereka dan berusaha membuat mereka membuat kesalahan. Dan kemudian secara ofensif kami harus mengalir," sambung Osorio.

Osorio mengakui timnya justru mendapatkan suntikan semangat dari ketidakhadiran Lukaku yang selalu menjadi ancaman tim mana pun.

"Kami tahu mereka memiliki pemain-pemain berkualitas dan siapa pun yang mereka tampilkan di lapangan, pasti sangat berkualitas dan mereka akan berusaha mempersulit kami," kata Osorio seraya menandaskan timnya siap menghadapi skenario apa pun.

Berita Terkait : Kejutan, Argentina Keok Dihajar Arab Saudi

Menurut Osorio, timnya bernafsu menunjukkan bahwa Kanada adalah negeri sepak bola yang bisa menandingi tim-tim terbaik di dunia.