Dewan Pers

Dark/Light Mode

Piala Dunia 2022 Qatar

Brazil 2-0 Serbia: Richarlison Juara, Neymar Cedera

Jumat, 25 November 2022 07:18 WIB
Tendangan akrobatik Richarlison membobol gawang Serbia.  Brazil menang 2-0. (Foto : Skysport)
Tendangan akrobatik Richarlison membobol gawang Serbia. Brazil menang 2-0. (Foto : Skysport)

RM.id  Rakyat Merdeka - Richarlison menjadi bintang Brazil usai mencetak dua gol dan menang atas Ghana. Sayangnya, Neymar Jr cedera dan kemungkinan absen di laga berikutnya.

Brazil sukses mengawali Piala Dunia 2022 dengan menang 2-0 atas Serbia dalam pertandingan Grup H di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, Jumat (25/11) dini hari WIB.

Gol pertama Richarlison sendiri tercipta pada menit ke-62 ketika dia menyambar bola muntah dari kiper Serbia Vanja Milinkovic-Savic yang menepis tendangan keras Vinicius Jr di sisi kanan gawang Serbia.

Berita Terkait : Ronaldo Bikin Gol, Pelatih Ghana: Hadiah Khusus Dari Wasit

Sebelas menit kemudian pada menit ke-73, Richarlison menggandakan kedudukan lewat tendangan sensasional sambil bersalto dan membalikkan badan setelah menerima assist dari Vinicius yang menjadi pemain yang paling aktif meneror pertahanan Serbia.

Kemenangan ini membawa Brazil memuncaki Grup G setelah unggul selisih satu gol dari Swiss yang menaklukkan Kamerun 1-0 dalam laga pada hari yang sama.

Kemenangan ini juga memperpanjang catatan kemenangan Brazil dalam fase grup Piala Dunia. Terakhir kali Brazil kalah dalam fase ini terjadi pada 1998 melawan Norwegia.

Berita Terkait : Meski Kalah, Menhub Tetap Cinta Tim Tanggo

Sejak Piala Dunia 1982 Brazil selalu finis memuncaki klasemen grup, tapi juara dunia lima kali yang tengah memburu trofi Piala Dunia keenamnya ini masih akan menghadapi Swiss dan Kamerun dalam dua pertandingan Grup G lainnya.

Sayang, kemenangan ini makan tumbal. Neymar mengalami cedera pada pergelangan kaki kanan dan harus mendapat perawatan.

"Neymar cedera lutut," kata dokter tim Brasil Rodrigo Lasmar dalam konferensi pers pasca pertandingan. "Karena syok yang dia alami benturan lutut dengan pemain Serbia, kami segera memulai perawatan," tambahnya.

Berita Terkait : Vinicius Idolakan Neymar Jr

Lasmar menegaskan tidak akan mengambil risiko karena cedera yang dialami pemain asal PSG tersebut.

"Dia melanjutkan perawatan dengan fisio. Kami membutuhkan 24 hingga 48 jam untuk memiliki pemahaman yang lebih baik melalui MRI. Besok kami akan melakukan penilaian baru. Sekarang kami harus menunggu, kami tidak dapat membuat komentar prematur tentang cederanya. Kami akan menunggu," katanya.

Dengan cederanya, Neymar kemungkinan tidak akan diturunkan pada laga melawan Swiss pada Senin (28/11) mendatang.