Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kapten Korsel: Terima Kasih Supporter, Kalian Semua Luar Biasa...

Sabtu, 3 Desember 2022 06:33 WIB
Kapten Korsel Son Heung-min (Foto: Yonhap)
Kapten Korsel Son Heung-min (Foto: Yonhap)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapten Korea Selatan (Korsel) Son Heung-min mengucapkan terima kasih kepada supporter setia Negeri Ginseng, yang telah memberikan energi luar biasa untuk melewati Portugal, dan masuk ke babak 16 besar di Piala Dunia FIFA 2022 Qatar, Jumat (2/12).

 Son membantu kemenangan Hwang Hee-chan di menit akhir dalam kemenangan 2-1 Korsel atas Portugal di Education City Stadium, Al Rayyan, sebelah barat Doha.

Hasil ini menempatkan Korsel di posisi kedua di Grup H dengan empat poin, dan melaju ke babak sistem gugur untuk ketiga kalinya dalam sejarah Piala Dunia mereka, setelah 2002 dan 2010.

Jantung Korsel sebetulnya sudah terasa mau copot, saat pemain Portugal Ricardo Horta menggebrak lewat gol pembuka yang ternyata jadi gol semata wayang mereka, di menit ke-5.

Berita Terkait : Jepang Juara Grup, Orang Terkaya Dunia Elon Musk Ucapkan Selamat

Pantang menyerah, Korsel terus berupaya menyamakan kedudukan. Lewat Kim Young-gwon, tim asuhan Paulo Bento berhasil mencetak gol balasan di menit 27.

Pertandingan berlanjut dengan tensi yang cukup tinggi. Segala daya dikerahkan untuk membombardir jantung pertahanan lawan.

Kerja keras Korsel akhirnya membuahkan hasil, setelah Hwang Jee-Chan mendaratkan pukulan knockout di saat-saat terakhir. Hingga tercipta gol kemenangan 2-1 di menit 90+1.

"Ini adalah pertandingan yang sulit. Apalagi, kami nyaris menyerah di gol awal," kata Son dalam wawancara televisi selepas pertandingan, seperti dikutip Yonhap, Sabtu (3/12).

Berita Terkait : Ini Balas Dendam Yang Indah, Keadilan Untuk Lampard

Bersyukur, para pemain tidak pernah menyerah dan mau berkorban habis-habisan untuk tim.

"Supporter pun luar biasa hebat. Baik yang hadir langsung di Qatar, atau yang menyaksikan dari Tanah Air. Mereka sangat mendukung kami. Memberikan energi besar untuk melangkah lebih jauh," ungkap Son. 

Ini adalah penampilan ketiga Son di Piala Dunia, dan perjalanan pertamanya ke babak 16 besar.

"Saya sudah lama menunggu momen ini. Saya yakin, Korsel bisa menuntaskan dengan baik," ujar Son, yang bermain dengan masker pelindung, karena wajahnya dioperasi.

Berita Terkait : Havertz Serasa Nonton Film Horor, Flick Geram Luar Biasa

"Sejujurnya, saya belum menjadi kapten yang baik. Tapi, rekan satu tim saya memberi dukungan penuh. Saya sangat berterima kasih, dan bangga dengan mereka " tutur Son.

Di babak 16 besar yang akan digelar di Stadion 974 Doha pada Senin (5/12] , Korsel akan bertemu jawara Grup G Brazil.

"Tujuan kami adalah mencapai babak 16 besar. Kami akan berusaha semaksimal mungkin. Dalam sepak bola, Anda tak pernah tahu, apa yang terjadi " tegas Son. ■