Dewan Pers

Dark/Light Mode

Piala Dunia 2022

Van Gaal Ngarep Jadi Pelatih Timnas Belgia

Selasa, 6 Desember 2022 06:08 WIB
Pelatih Timnas Belanda, Louis Van Gaal. (Foto : ist)
Pelatih Timnas Belanda, Louis Van Gaal. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Timnas Belanda, Louis Van Gaal tertarik menjadi pelatih Timnas Belgia, sehabis gelaran Piala Dunia 2022. Keinginan itu dilatarbelakangi kontraknya bersama The Oranje akan habis Desember tahun ini.

Selain itu, Timnas Belgia sudah kehilangan pelatih Roberto Martinez. Dia memutuskan mundur, usai tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Saat ini, kursi kepelatihan skuad Eden Hazard dan kawan-kawan dipastikan kosong pasca mundurnya Martinez. Karena itu, The Red Devils --julukan Timnas Belgia-- bisa saja mengambil Van Gaal begitu kerjasama dengan Timnas Belanda berakhir.

Berita Terkait : Livakovic Jadi Pahlawan, Pelatih: Jangan Pernah Remehkan Kroasia

Apalagi, Van Gaal mengaku tertarik andai memang diminta melatih Timnas Belgia. “Belgia adalah negara indah dan orang-orangnya bersahabat. Tapi, saya tentu akan mempertimbangkan bila permintaan itu ada,” kata Van Gaal seperti dikutip dari ESPN, kemarin.

Pelatih 71 tahun itu menegaskan, saat ini dirinya akan fokus di Piala Dunia 2022. Dia tak mau upaya dedikasi pada pekerjaannya terpecah hanya karena memikirkan pekerjaan di masa depan.

Van Gaal paham betul jika mampu membawa Belanda juara, akan ada banyak lagi tawaran pekerjaan yang datang padanya. “Kami ingin jadi juara dunia. Masih ada empat pertandingan lagi untuk mencapai target itu dan nantinya kita akan lihat apakah ada tawaran yang datang,” katanya.

Berita Terkait : Brazil Masih Digdaya, Belum Waktunya Korsel Tembus 8 Besar

“Jika menjadi juara Piala Dunia 2022 pastinya akan ada banyak proposal yang masuk. Tapi fokus saya untuk saat ini bukan itu,” ucap Van Gaal.

Dia menilai, Belgia semestinya bisa tampil lebih baik di pentas Piala Dunia 2022. Apalagi, skuad Red Devils bertabur pemain bintang seperti Kevin de Bruyne, Eden Hazard, Thibaut Courtois, dan Youri Tielemans.

“Kami berhasil mengalahkan mereka dua kali. Tapi, mereka sebenarnya memiliki skuad luar biasa,” ucap eks pelatih Barcelona dan Manchester United (MU) itu menambahkan.

Berita Terkait : Ini Fakta-fakta Menarik Jelang Jepang Vs Kroasia

“Seharusnya mereka bisa menang di laga terakhir (kontra Kroasia) dan melaju ke babak 16. Itulah sepak bola, anda tidak cukup hanya memiliki taktik dan talenta, tapi juga sedikit keberuntungan,’’ tutur Van Gaal mengakhiri.

Sekadar informasi, De Oranje akan ditantang Argentina di babak delapan besar Piala Dunia 2022. Timnas Belanda dan Argentina bakal saling bentrok di Stadion Lusail, Jumat (10/12) atau Sabtu pukul 02.00 WIB.