Dark/Light Mode

Piala Dunia 2022

Ini Fakta-fakta Menarik Jelang Jepang Vs Kroasia

Senin, 5 Desember 2022 12:03 WIB
Selebrasi para pemain Jepang lolos babak 16 besar. (Foto : ist)
Selebrasi para pemain Jepang lolos babak 16 besar. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Laga Jepang vs Kroasia menjadi sajian yang menarik di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Laga ini akan digelar di Stadion Al Janoub pada Senin (5/12) malam pukul 22.00 WIB.

Jepang merupakan salah satu kejutan terbesar di Piala Dunia 2022. Mereka berhak melangkah ke babak 16 besar berkat kemenangan atas Jerman dan Spanyol di fase grup. Samurai Biru berhasil melaju dari fase grup dalam dua edisi Piala Dunia terakhir.

Kroasia juga menyandang status tim kuda hitam. Luka Modric dan kolega menembus babak 16 besar meski cuma mencatat satu kemenangan di fase grup. Akan tetapi, gawang Kroasia cuma kebobolan satu gol sepanjang Piala Dunia 2022.

Beberapa fakta duel Jepang lawan Kroasia di antaranya.   

Baca juga : Pengikut Gue Sung Tembus 2 Juta

Jepang telah memenangkan kedua pertandingan Piala Dunia 2022 melawan negara-negara Eropa, menang 2-1 atas Spanyol dan Jerman di babak penyisihan grup. Sebelumnya, timnas Jepang hanya memenangkan dua dari 10 pertandingan Piala Dunia pertama melawan tim Eropa.

Jepang mencapai babak 16 besar Piala Dunia untuk keempat kalinya, termasuk dua Piala Dunia terakhir. Namun, mereka tidak pernah tembus perempat final. Kalah lawan Turki pada 2002, kalah lewat adu penalti lawan Paraguay pada 2010, dan terusir oleh Belgia pada 2018.

Satu-satunya negara Asia yang mencapai perempat final Piala Dunia adalah Korea Selatan pada 1966 dan Republik Korea pada 2002. .

Ini akan menjadi penampilan ketiga Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia, sementara mereka maju dari tahap ini di dua kesempatan sebelumnya, mengalahkan Rumania 1-0 pada 1998 dan Denmark melalui adu penalti pada 2018.

Baca juga : Inggris Bantai Senegal, Selangkah Lagi Kane Samai Rekor Wayne Rooney

Kroasia hanya kalah dua dari delapan pertandingan babak sistem gugur mereka di Piala Dunia (W4 D2), sementara mereka juga lolos dari dua pertandingan yang berakhir imbang melalui adu penalti, keduanya pada 2018 (v Denmark di babak 16 besar, Rusia di perempat final).

Jepang rata-rata hanya memiliki 32,3 persen penguasaan bola di tiga pertandingan penyisihan grup mereka di Piala Dunia ini.

Dua kemenangan mereka atas Spanyol dan Jerman masing-masing datang dengan 17,7 persen dan 26,1 persen penguasaan bola, sementara satu kekalahan mereka datang ke Kosta Rika dalam pertandingan di mana mereka memiliki 56,8 persen penguasaan bola.

Kroasia gagal mencetak gol dalam dua dari tiga pertandingan penyisihan grup mereka di Piala Dunia ini; mereka hanya bermain imbang dalam dua dari 13 pertandingan di turnamen pada edisi 2006, 2014 dan 2018 digabungkan sebelum ini.

Baca juga : Lawan Korsel, Tite Pastikan Neymar Turun

Tiga dari empat gol Jepang yang dicetak di Piala Dunia 2022 adalah dari pemain pengganti, terbanyak dalam satu edisi oleh negara Asia (tidak termasuk gol bunuh diri). Ritsu Doan telah mencetak dua gol tersebut; hanya tiga pemain yang pernah mencetak 3+ gol sebagai pemain pengganti di satu Piala Dunia - André Schürrle pada 2014 (3), Roger Milla pada 1990 (4), dan Laszlo Kiss pada 1982 (3).

Takuma Asano melakukan lebih banyak tembakan daripada pemain Jepang mana pun di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 (8), meskipun faktanya ia tidak menjadi starter di salah satu dari tiga pertandingan mereka. Asano melakukan tembakan rata-rata setiap 13 menit.

Tidak ada pemain yang mencetak lebih banyak gol untuk Kroasia di turnamen besar (Piala Dunia dan Euro) daripada Ivan Perisic (9 gol, sejajar dengan Davor Suker).

Sementara Perisic memiliki lebih banyak assist daripada pemain mana pun untuk negaranya (7). Memang, di Piala Dunia 2022, tidak ada pemain yang memiliki tembakan lebih banyak untuk Kroasia selain Perisic (5), sementara hanya Mateo Kovacic (5) yang menciptakan lebih banyak peluang bagi mereka daripada Perisic (4).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.