Dark/Light Mode

ABTI Perjuangkan Bola Tangan Dipertandingkan Pada Pomnas Kalsel 2023

Rabu, 14 Desember 2022 19:49 WIB
Ketua Umum Pengurus Pusat ABTI, Zulfydar Zaidar Mochtar. (Foto : ist)
Ketua Umum Pengurus Pusat ABTI, Zulfydar Zaidar Mochtar. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pengurus Pusat ABTI, Zulfydar Zaidar Mochtar mengapresiasi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang memprakarsai Kejurnas Antar Mahasiswa Bola Tangan Indoor di GOR UNJ Kampus B Jakarta Timur.

Ke depan, Zulfydar  berharap cabor bola tangan dapat dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (Pomnas) di Kalimantan Selatan.

"Kejurnas bola tangan antar mahasiswa dapat dijadikan pemanasan atlet menuju Pomnas di Banjarmasin Kalsel 2023. Dengan digelarnya Kejurnas, PP ABTI berharap agar BAPOMI Pusat mempertandingkan cabang bola tangan di Kalsel, " tegas Zulfydar seusai membuka Kejurnas antar mahasiswa di Jakarta, dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (14/12).. 

Baca juga : Erick: Pembukaan Lapangan Kerja, Prioritas Utama Bisnis BUMN

Zulfydar mengatakan, cabang bola tangan sudah dipertandingkan eksibisi saat DKI Jakarta menjadi tuan rumah tahun 2019. Namun saat POMNas XVII digelar di Padang tidak dipertandingkan. 

Menurutnya, animo mahasiswa cukup besar sekali agar bola tangan dipertandingkan di Pomnas XVIII di Banjarmasin, Kalsel nantinya.  "Pembinaan atlet berkesinambungan, mulai tingkat pelajar, mahasiswa hingga menuju jenjang internasional baik lewat PON, maupun Pomnas, " Katanya. 

Para atlet nasional yang dipersiapkan tampil di Kejuaraan Asia Beach Handball dan Dunia Beach Handball sebagian besar datang dari mahasiswa. Dengan begitu jenjang pembinaan harus berkesinambungan dan harus dipertandingkan di PON maupun POMNas, baik bola indoor maupun pasir di PON XXI Aceh 2024.

Baca juga : BSKDN Minta Daerah Manfaatkan Kearifan Lokal

Pada kesempatan yang sama, Tanjung Winardi sebagai Ketua BEM Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) yang mewakili Dekan FIK UNJ, Dr. Johansyah lubis bersyukur, Kejurnas Bola Tangan Antar Mahasiswa berjalan sesuai harapan. 

Melalui Kejurnas tersebut katanya, mahasiswa yang mempunyai keahlian bola tangan dapat mencurahkan prestasi yang dimiliki. Dengan harapan, nantinya muncul atlet bola tangan handal dari dunia kemahasiswaan. 

"Adapun peserta yang ambil bagian di Kejurnas kali ini, mencapai 132 mahasiswa yang datang dari STKIP Pasundan, STKIP  Indramayu, UPI Bandung, UNJ A dan UNJ B. Sedang di putri peserta yang ambil bagian datang dari  STKIP Pasundan,  UPI Bandung dan UNJ Jakarta, " tegas Tanjung Winardi yang mewakili Dekan FIK UNJ lagi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.