Dark/Light Mode

Erick: Pembukaan Lapangan Kerja, Prioritas Utama Bisnis BUMN

Rabu, 14 Desember 2022 09:41 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, pembukaan lapangan kerja adalah salah satu concern penting bagi BUMN.

Menurutnya, kinerja apik BUMN dalam beberapa tahun terakhir, harus berbanding lurus dengan pertumbuhan lapangan kerja.

"Sejak pandemi, lapangan kerja menjadi salah satu isu yang harus kita atasi. BUMN tentu harus hadir, saat masyarakat memerlukan bantuan," ujar Erick, Rabu (14/12).

Erick meminta BUMN tidak berpuas diri, atas sejumlah pencapaian positif.

Baca juga : Penguasaan Literasi Digital Tak Bisa Ditawar Lagi

Termasuk, pembukaan lapangan kerja bagi sekitar 45 juta orang di luar sektor formal, yang meliputi 32,1 juta nasabah kredit usaha rakyat BRI, 12,7 juta pekerja sektor UMKM di PNM Mekaar, 439 ribu tenaga kerja penggarap desa hutan, 163.761 petani yang tergabung di Program Makmur, 210 ribu petani program kemitraan PTPN, hingga 270 ribu tenaga kerja informal yang terserap dan tersebar di Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, PT Freeport Indonesia, PT Pertamina (Persero) dan PT Bukit Asam.

"Dengan segala sumber daya, saya yakin, BUMN dapat berbuat jauh lebih besar, daripada apa yang sudah diberikan hari ini," tegas Erick.

Dia meminta BUMN selalu menempatkan penciptaan lapangan kerja, sebagai prioritas dalam setiap proyek bisnis atau program yang hendak digulirkan. Mengingat peningkatan lapangan kerja akan memiliki dampak besar, terhadap pergerakan perekonomian Indonesia.

"Selain membuka lapangan kerja dalam setiap proyek atau program, kita secara konsisten juga mengajak anak-anak bangsa untuk bergabung dalam keluarga besar BUMN, melalui program rekrutmen bersama BUMN (RBB) batch 2," ungkap Erick.

Baca juga : BNI Komit Kembangkan Jaringan Ke Arah Digital

Program yang sudah berjalan untuk tahun kedua ini menjadi komitmen BUMN, dalam menciptakan lapangan kerja.

BUMN sebagai sepertiga kekuatan ekonomi, tak hanya berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi, melainkan juga memiliki dampak langsung terhadap masyarakat.

Dalam program rekrutmen bersama BUMN (RBB) batch 2, terdapat sedikitnya 38 BUMN yang siap menerima 898 calon pegawai.

Pendaftaran RBB 2022 Batch 2 telah berlangsung pada 1-7 Desember 2022.

Baca juga : Getol Dorong BUMN Buka Lapangan Kerja, Erick Thohir Jadi Menteri Terbaik

"Regenerasi jadi kata kunci dalam menjaga keberlanjutan transformasi di BUMN. Kami membuka kesempatan kepadanputra-putri terbaik, untuk bergabung dengan BUMN dan berkontribusi untuk negeri," ucap Erick. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.