Dark/Light Mode

Pengamat: Publik Percaya, Mafia Skor Di Liga Indonesia Hambat Prestasi Sepak Bola Indonesia

Kamis, 22 Desember 2022 19:33 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Ronny menyebut, salah satu faktor menurunnya kualitas sepak bola Indonesia karena adanya permainan mafia, dan masalah ini sudah berlangsung sejak lama.

Atas dasar itu, kata Ronny membuat tim nasional bahkan Liga Indonesia tidak bisa bicara di level internasional, bahkan di level Asia Tenggara saja sulit meraih prestasi.

Baca juga : Jelang Nataru, Dirut Pertamina Patra Niaga Tinjau Kesiapan Layanan di Tol Trans-Jawa

“Karena yang kita tau bahwa mafia sepak bola itu membuat prestasi sepak bola kita terpuruk dari waktu ke waktu dan kita justeru tidak bisa banyak berharap dari sepak bola kita saat ini,” ungkapnya.

“Dan kali ingin sepak bola Indonesia maju dan berkualitas dan jika ingin berbicara di level internasional, atau minimal level Asia Tenggara maka yang harus dilakukan adalah membersihkan mafia-mafia sepakbola,” sambung Ronny. 

Baca juga : OJK: Kawal Perkembangan Industri SCF Di Indonesia Lewat Payung Hukum

Ronny Samloy juga mendukung penuh desakan publik agar PSSI segera direvolusi secara total setelah beberapa kejadian yang tidak bisa diatasi oleh PSSI. Ronny pun menyarankan agar pimpinan PSSI ke depan adalah pebisnis, bukan dari kelompok politik.

"PSSI juga perlu merevolusi diri dalam sistem bahwa tidak boleh ada unsur politik, jadi orang-orang yang mengurus sepak bola yaitu mereka yang benar-benar murni dari kalangan bisnis, sehingga pengelolaannya lebih profesional karena yang diutamakan disini sepak bola itu menjadi sebuah industri yang bisa hidup dan menghidupkan para pemain sepakbola," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.