Dark/Light Mode

Koalisi Indonesia Raya

PKB Bertahan, Tak Mau Cerai

Jumat, 25 November 2022 07:45 WIB
Ketua DPP PKB Daniel Johan. (Foto: Dok. DPR)
Ketua DPP PKB Daniel Johan. (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berusaha setia dengan Partai Gerindra melalui Koalisi Indonesia Raya (KIR) untuk Pilpres 2024. Partai yang diko­mandoi Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ini, ogah mikirin wacana Prabowo-Ganjar yang tengah beredar.

“Persoalan posisi capres-cawapres tentunya diputuskan Prabowo dan Cak Imin. Kami setia dan saling menghormati dengan Gerindra,” ujar Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Daniel menceritakan, ko­munikasi politik antar PKB-Gerindra di tingkat pengurus pusat hingga daerah berjalan baik. Tidak hanya berbicara koalisi Pilpres 2024, keduanya melakukan komunikasi dan kerja sama yang baik dalam menyikapi situasi nasional.

Baca juga : Top, Bus Karoseri Indonesia Mengaspal Di Bangladesh

Vokalis Fraksi PKB di Senayan ini mengaku, tidak pusing dengan wacana duet Prabowo-Ganjar. Pasalnya, Prabowo saat ini memimpin Partai Gerindra bersama PKB di dalam KIR. Sementara Ganjar, kader PDIP dan belum menentukan arah koalisi partai.

Daniel juga enggan beran­dai-andai jika Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu dijagokan PDIP menjadi bagian dari KIR. Faktanya, saat ini KIR dimotori dua partai, PKB dan Gerindra.

“Tentu, kami juga tidak me­nutup diri. Bisa saja, partai lain akan bergabung dengan kami. Tunggu saja tanggal mainnya,” katanya.

Baca juga : HNW: Indonesia Negara Hukum, Bukan Negara Kekuasaan

Meski begitu, Daniel me­mastikan PKB secara internal tetap dalam posisi ingin men­capreskan Cak Imin di Pilpres 2024. Pasalnya, itu keputusan bulat internal yang dapat me­ningkatkan semangat partai. Namun, semua itu diserahkan kepada Cak Imin.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid tentang isu duet Prabowo-Ganjar di Pilpres 2024.

PKB, dipastikan tidak ter­ganggu dengan isu tersebut dan tetap fokus melakukan kerja politik untuk rakyat.

Baca juga : Ganjar Dan Prabowo Masih Bertahan Jadi Calon Presiden Favorit

PKB dan Partai Gerindra, menurutnya, telah meneken kerja sama politik lewat piagam deklarasi yang ditandatangani Agustus lalu. Dia yakin, KIR tak retak dan pecah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.