Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Acara Syukurannya Dihadiri Dubes Desra Percaya

Masjid Indonesia Pertama Di Inggris Jadi Kenyataan

Selasa, 6 Desember 2022 07:05 WIB
Dubes Indonesia untuk Inggris Desra Percaya menghadiri acara syukuran di masjid Indonesia, London, Minggu, 4 Desember 2022. (Foto Indonesian Islamic Center)
Dubes Indonesia untuk Inggris Desra Percaya menghadiri acara syukuran di masjid Indonesia, London, Minggu, 4 Desember 2022. (Foto Indonesian Islamic Center)

RM.id  Rakyat Merdeka - Minggu pagi, 4 Desember 2022, di awal musim dingin, warga Indonesia berkumpul menghadiri syukuran, setelah panitia dari yayasan Indonesian Islamic Centre (IIC) akhirnya berhasil membeli bangunan bekas gereja yang dialihfungsikan menjadi masjid. Ini jadi masjid pertama Indonesia di tanah Inggris Raya.

Mimpi dan ikhtiar yang dirintis sejak 1990-an akhirnya terwujud. Wajah cerah dan senyum lebar terlihat di wajah ratusan warga Indonesia di Inggris. Mereka berkumpul di bangunan dua lantai bercat putih di kawasan Neasden, tak jauh dari Stadion Wembley.

Baca juga : Alhamdulillah, Masjid Indonesia Pertama Di Inggris Mulai Beroperasi

“Saya masih ingat, ikhtiar mendirikan masjid warga Indonesia di Inggris dicetuskan secara formal pada Januari 1996,” ungkap Memet Purnama Hasan, Kepala Wali Amanat IIC.

Dari sini, sejumlah warga berinisiatif mendirikan yayasan dan kepanitiaan. Dari berbagai penggalangan dana, terkumpul uang untuk membeli rumah yang difungsikan sebagai pusat kegiatan keagamaan.

Baca juga : Desra Percaya, Dubes Indonesia Untuk Inggris: Inggris Di Hati, Logika Ke Brazil

Seiring bertambahnya jumlah warga Indonesia dan makin semaraknya berbagai kegiatan, rumah tersebut tidak lagi memadai untuk menjadi pusat kegiatan keagamaan. Memet dan beberapa warga lain juga merasa ada kebutuhan yang makin mendesak untuk memiliki masjid.

“Kami melihat di Inggris ini, ada masjid yang didirikan komunitas Bangladesh, Pakistan, Turki, dan dari beberapa negara lain. Sementara warga Indonesia, yang diketahui sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, tidak memiliki masjid di Inggris,” kata Mmet, yang sudah menetap di London selama puluhan tahun ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.