Dark/Light Mode

Pordasi DKI Targetkan Sapu Bersih Emas di PON 2024

Sabtu, 24 Desember 2022 09:43 WIB
Rakerprov Pordasi DKI Jakarta di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Jumat (23/12). (Foto: Istimewa)
Rakerprov Pordasi DKI Jakarta di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Jumat (23/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Provinsi Persatuan Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) DKI Jakarta menggelar Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov), di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Jumat (23/12). Selain mengukuhkan dan memutuskan tambahan anggota di Pordasi DKI, agenda penting lainnya yakni membicarakan persiapan jelang PON 2024 yang akan digelar di Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam.

"Kegiatan 2022 Pordasi DKI memang belum maksimal, tapi 2023 kami tancap gas. Seperti komitmen saya kepada Pengprov, kami ingin Pordasi DKI sapu bersih emas di PON 2024," kata Ketua Pordasi DKI Aryo Djojohadikusumo, seperti keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (24/12).

Prakualifikasi PON 2024 akan digelar pada Juli sampai September 2023. Ini ditujukan untuk menyeleksi atlet yang bisa tampil di PON 2024.

Baca juga : La Pulga Tetap Bersama PSG

"Target prakualifikasi kami yaitu lolos kualifikasi dengan prestasi terbaik. Banyak tim kuat seperti tuan rumah dan Jawa Barat yang juara PON 2021. Kami tak berkecil hati, kami tim ibu kota harus meraih emas sebanyak banyaknya," tegasnya.

Aryo mengatakan, Pordasi DKI sudah menyeleksi beberapa atlet yang akan ikut Prakualifikasi PON. Belum lama ini mereka membereskan masalah administrasi para atlet seperti belum adanya KTP DKI. "Long list sudah disiapkan. Untuk short list akan kami tetapkan di awal tahun depan," jelasnya.

Aryo menambahkan, seleksi juga dilakukan lewat kejuaraan berkuda yang diikuti atlet DKI. Ada beberapa kejuaraan yang bakal diikuti. "Tiap bulan ada hajatan atau acara equestrian, mulai pertengahan tahun seperti Kejurnas di Sawah Lunto, Sumatera Barat," katanya.

Baca juga : Petakan Cabor, KONI DKI Optimis Raih 207 Emas di PON 2024

Rakerprov juga menetapkan berapa jumlah atlet yang disiapkan. Pordasi DKI Jakarta juga akan menggelar beberapa turnamen di 2023. Namun, Pordasi DKI Jakarta belum bisa mengumumkan berapa jumlahnya, karena masih harus mengikuti Rakernas Pengurus Pusat Pordasi di Siak, Riau, Januari nanti.

"Agendanya akan ditetapkan di Rakernas, awal Februari akan kami umumkan. Selama ini, ada turnamen equestrian biasanya minimum satu sampai dua kali dalam sebulan," kata Aryo.

Pengprov Pordasi DKI Jakarta saat ini memiliki 14 anggota dari berbagai stable. Rakerprov memutuskan beberapa anggota baru. "Anggota kami di DKI Jakarta itu lahannya sedikit. Banyak yang kandangnya di luar Jakarta. Kami bantu mengurus soal ini. Saat ini, ada 20 berkas yang masuk, tujuh yang sudah lolos," ujarnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.