Dark/Light Mode

Indonesia Raih 42 Emas di Ajang Khon Kaen Games 2019

Senin, 12 Agustus 2019 16:31 WIB
Kontingen Indonesia di ajang Khon Kaen Games 2019 di Thailand. (Foto : Kemenpora)
Kontingen Indonesia di ajang Khon Kaen Games 2019 di Thailand. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kontingen Indonesia yang diwakili oleh SKO Ragunan sukses membawa pulang 42 medali dari multi event antar SKO bertajuk 22nd Thailand Sports School Khon Kaen Games 2019 yang berlangsung di provinsi Khon Kaen, Thailand dalam rentang waktu 30 Juli hingga 8 Agustus 2019.

Total 42 medali tersebut terdiri dari 17 emas, 12 perak dan 13 perunggu ketika mengikuti 7 cabang olahraga dari 21 cabang yang dipertandingkan, serta menorehkan setidaknya empat rekor baru melalui ajang ini.

Cabang olahraga renang mendominasi perolehan medali dengan mengoleksi tujuh emas, sembilan perak dan lima perunggu, serta tiga rekor baru melalui Azzah Shabira Putri saat tampil di 50m gaya kupu-kupu U-18, kemudian Riki Alexander di gaya punggung 200m U-18, serta Ahnaf Kamal Pasya 50m gaya punggung U-18.

Baca juga : Ubi Jalar Indonesia Dilirik Pasar Jepang dan Korea Selatan

Panahan sukses meraih empat emas, satu perak dan dua perunggu. Atletik dua emas dan empat perunggu sekaligus pemecahan rekor baru yang dilakukan oleh Dina Aulia, saat tampil di nomor 100m lari gawang Putri U-16, dengan catatan waktu 14.34 detik dari waktu sebelumnya 14.70 detik.

Cabor gulat berhasil membawa pulang empat medali antara lain dua emas, satu perak dan satu perunggu. Pencak silat meraih dua emas dan satu perunggu.

Sementara itu cabor voli sukses memperbaiki prestasi tahun sebelumnya, dimana pada tahun lalu hanya membawa perunggu, namun kini Dinda Syiva dkk sukses membawa pulang medali perak, sedangkan sepakbola pulang masih dengan tangan hampa.

Baca juga : Gulat Patok Tiga Emas di Sea Games 2019

Kepala Bidang SKO, Margono, usai penutupan 22nd Thailand Sports School Khon Kaen Games 2019 di Stadium Khon Kaen, Kamis (8/8/2019), sangat mengapresiasi kinerja anak-anak SKO Ragunan atas medali yang diraihnya.

"Terimakasih kepada anak-anak yang telah bekerja keras selama di Khon Kaen Games ini. Kedepan, kita harus lebih mempersiapkan diri lebih matang lagi, meski tiap provinsi dalam menggelar event ini berbeda-beda cabornya," ucap Margono.

Lebih lanjut Margono mengatakan jika ajang ini tak semata-mata meraih prestasi, namun sebagai jam terbang bagi para atlet muda, khususnya binaan Kemenpora. "Sedemikian rupa kami berupaya untuk mempersiapkan atlet pelapis untuk menggantikan seniornya, ajang ini menjadi salah satu dari upaya tersebut," ucapnya.

Baca juga : Indonesia Optimistis Juara di Ajang Khon Kaen Games 2019

"Mereka adalah cikal-bakal atlet yang akan berlaga di SEA Games, Asian Games bahkan Olimpiade kedepannya, sehingga jam terbang, penempaan mental bertanding sejak awal kita pupuk, selain mempersiapkan keahlian mereka pada masing-masing cabor," pungkasnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.