Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Revolusi Sepak Bola Indonesia

FAPSI Susun Roadmap Indonesia Menuju Piala Dunia

Sabtu, 14 Januari 2023 21:36 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Forum Akademisi Penggemar Sepak Bola Indonesia (FAPSI) akan menyusun roadmap sepak bola Indonesia. Hal itu merupakan hasil rekomendasi dalam seminar nasional dan deklarasi FAPSI, yang terdiri atas puluhan akademisi dari berbagai kota di Tanah Air, Sabtu (14/1). 

Koordinator nasional FAPSI Dr Amsori Bahruddin Syah mengatakan, roadmap ini disusun sebagai wujud optimisme para akademisi bahwa Indonesia akan menjadi negara ke-4 dengan ekonomi terbesar dunia pada 2045 setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat.

Hal itu bukan hanya membangun optimisme kebangkitan Indonesia menjadi negara maju, tetapi juga harapan bagi sepak bola Indonesia bangkit di kancah dunia. Yakni, dengan mengikuti gelaran akbar sepak bola dunia.

Baca juga : Relasi Parpol Pengusung Dan Presiden Yang Kuat Merupakan Perintah Konstitusi

"Harapan itu hadir dan menemukan momentumnya pada Piala Dunia Qatar 2022 yang menghadirkan banyak sekali kejutan, salah satunya adalah bangkitnya perwakilan negara Asia yang mampu mengalahkan tim tangguh Eropa," ujar Amsori di Jakarta, Sabtu (14/1).

Menurut dia, dalam penyusunan roadmap sepak bola Indonesia, perlu ada pembenahan total di berbagai aspek.

Untuk itu, para akademisi menggelar seminar dalam rangka mengkaji dan menganalisa terkait permasalahan sepak bola nasional.

Baca juga : Bamsoet Akan Gelar Turnamen Catur Indonesia Master III Piala Ketua MPR

"Setelah Jakarta hari ini, dalam waktu dekat, kita dari FAPSI akan menggelar seminar lanjutan di Malang, Surabaya, Bandung dan Solo untuk menjaring aspirasi lebih banyak dari kalangan akademisi terkait topik-topik penting dalam menyusun roadmap sepak bola Indonesia," ucapnya.

Amsori mengaku, FAPSI sudah memetakan empat topik besar yang menjadi masalah mendasar dalam menyusun roadmap sepak bola Indonesia. Hal itu hasil kajian dari para pakar yang turut serta dalam pembentukan FAPSI.

Pertama, di Jakarta hari ini, dengan topik Revolusi Sepak Bola Indonesia: Roadmap Indonesia menuju Piala Dunia.

Baca juga : Temui Importir Kopi Indonesia Di Mesir

"Topik ini bisa dibilang mendasar karena merupakan langkah awal yang cukup strategis dalam menyusun roadmap sepak bola Indonesia," ungkapnya. 

Dalam topik ini, lanjut Amsori, ada 5 orang akademisi yang membedah soal gagasan revolusi sepak bola Indonesia.

"Dimulai dari urgensi revolusi PSSI sebagai transformasi total sepak bola Indonesia, mempelajari sejarah PSSI, bicara soal kompetisi liga Indonesia dan landasan dasar penyusunan roadmap sepak bola Indonesia menuju piala dunia," tutur Amsori.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.