Dark/Light Mode

Piala Asia U-20, Garuda Muda Mulai Berbenah

Kamis, 9 Februari 2023 05:55 WIB
Para pemain timnas U-20. (Foto: Ist)
Para pemain timnas U-20. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para pemain Tim U-20 Indonesia belum mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat sesi latihan jelang Piala Asia U-20. Padahal, keseriusan saat latihan sangat penting untuk menjaga konsistensi.

Hal itu diungkapkan Pelatih Tim U-20 Shin Tae-yong (STY) saat mendampingi anak asuhnya menggelar sesi latihan di Jakarta. Pelatih asal Korea Selatan itu meminta para pemain bekerja keras selama pemusatan latihan.

STY mengaku sudah mempelajari data pemain selama pemusatan latihan berlangsung di Jakarta. Dia menyampaikan masih ada pemain yang belum mengerahkan kemampuan 100 persen.

“Harus lebih banyak berusaha, di usia kalian harus banyak usaha, jangan enak-enak saja. Tingkatkan kemampuan kalian sampai meningkat,” kata STY.

Baca juga : Gisella Anastasia, Mesra Lagi Dengan Wijin

STY menyebut hal serupa juga sering dilakukan oleh pemain Tim U-20 yang lain. Karena itu, STY meminta anak asuhnya jangan mengulangi kebiasaan buruk tersebut dan terus berupaya meningkatkan kualitas masing-masing.

“Itu jadi kebiasaan kalian juga. Kalian kalau capek, harus dimaksimalkan, kalian tidak berusaha makanya stuck di sini saja,” ujar STY.

Dia memberikan contoh dua pemain Timnas Indonesia senior, Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan. Menurut STY, dua pemain skuad Garuda itu selalu menunjukan kemampuan dan mampu menjaga konsistensi selama sesi latihan.

“Saat kami latihan di Bali, Asnawi dan Arhan detak jantungnya itu tetap di 99 persen sampai 100 persen. Walaupun capek, mereka coba terus. Kalau kalian (pemain Tim U-20 Indonesia) dari 100 persen, turun 99, 98, 97, 96, jadi persentasenya berkurang,” kata STY.

Baca juga : Nikita Mirzani, Pacarnya Mualaf

Seperti diketahui, pemusatan latihan Tim U-20 Indonesia digelar mulai 1 hingga 28 Februari mendatang di Jakarta sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023. Pada ajang yang digelar di Uzbekistan, Indonesia berada di grup A bersama tuan rumah, Irak, dan Suriah.

Namun, tiga pemain keturunan Indonesia, Ivar Jenner, Justin Hubner dan Rafael Struick tidak ada dalam daftar dan kemungkinan tidak akan tampil di Piala Asia U-20. Selain tiga pemain keturunan, Indonesia U-20 juga kemungkinan tak bisa diperkuat oleh Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh.

Marselino bisa saja tak bisa ikut membela tim Merah Putih karena baru bergabung dengan klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze. Dia masih membutuhkan proses adaptasi.

Selain itu, Piala Asia U-20 2023 tak masuk dalam agenda resmi FIFA. Artinya, klub tak wajib melepas pemainnya untuk membela Indonesia U-20. Di lini petahanan, STY akan mengandalkan Brandon Marsel Scheunemann, Kakang Rudianto dan Dimas Juliano Pamungkas.

Baca juga : Garuda Gugur Berjamaah

Lalu, posisi pemain tengah kemungkinan akan diisi Robi Darwis, Arkhan Fikri, Dzaky Asraf, Zanadin Fariz dan Hugo Samir. Sedangkan, lini depan diprediksi ditempati Hokky Caraka dan Arkhan Kaka. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.