Dark/Light Mode

Hari Ini KLB PSSI

Ketua Umum Hingga Anggota Exco Dipilih Terpisah

Kamis, 16 Februari 2023 08:32 WIB
Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI Amir Burhanudin (Foto: Istimewa)
Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI Amir Burhanudin (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI Amir Burhanudin mengungkapkan, pemilihan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027 di Kongres Luar Biasa (KLB) pada hari ini, Kamis (16/2), dilakukan secara terpisah.

Jabatan calon Ketua Umum akan dipilih sendiri. Begitu pula calon Wakil Ketua Umum dan calon Anggota Exco PSSI.

"Untuk proses pemilihannya, setiap posisi dari Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, hingga anggota Exco PSSI akan dilakukan terpisah. Mekanisme pemilihan akan menggunakan pemungutan suara," kata Amir di Jakarta, Rabu (15/2).

Baca juga : Sebaiknya Gelar Debat Terbuka

"Agar dinyatakan terpilih, para calon harus mendapatkan suara 50 persen plus satu, dari yang total pemilik suara yang hadir," imbuhnya.

KLB PSSI 2023 yang digelar di Hotel Shangrilla, Jakarta akan diikuti pemilik suara (voter) dengan hak pilih berjumlah 87. Terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi, 18 Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 Liga 3, Federasi Futsal Indonesia, Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia.

"Artinya, dengan 50 persen plus satu, jika ada 87 voter yang hadir di KLB dan memberikan suaranya, pemenang harus mendapatkan 45 suara," kata Amir.

Baca juga : Ini 3 Alasan Kejagung Ajukan Banding Atas Vonis Nihil Benny Tjokrosaputro

KP dan Komite Banding Pemilihan (KBP) telah menentukan 76 nama, sebagai calon tetap Komite Eksekutif atau Exco PSSI periode 2023-2027.

Mereka berhak dipilih pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Kamis (16/2). Setelah melalui tahap verifikasi serta banding, KP dan KBP memutuskan ada 5 calon ketua umum, 16 calon wakil ketua umum, dan 55 calon anggota Exco PSSI.

Kelima calon Ketua Umum PSSI 2023-2027 adalah Erick Thohir, La Nyalla Mahmud Mattalitti, Arief Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, dan Fary Djemie Francis.

Baca juga : Tren Program Kebugaran 2023 Yang Bisa Dipilih Agar Tetap Aktif

Merujuk Pasal 38 Ayat (1)dan (3) Statuta PSSI 2019, Exco PSSI terdiri satu ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 anggota yang salah satunya adalah wanita. Sehingga, total anggota Exco PSSI berjumlah 15 orang. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.