Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Liga Inggris

Juni 2023, Firminho: Bye Bye Si Merah

Minggu, 5 Maret 2023 08:07 WIB
Roberto Firmino. (Foto : Ist)
Roberto Firmino. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Musim 2022/2023 akan menjadi musim terakhir bagi Roberto Firmino bersama Liverpool. Dia akan hengkang dari Anfield musim panas nanti, seiring habisnya masa kerjanya per 31 Juni mendatang. 

Manajemen The Reds sejatinya sudah menawarkan kontrak baru untuk pemain asal Brazil tersebut. Begitu juga sang Pelatih Juergen Klopp, yang tetap ingin Firmino bertahan walau kondisi pemainnya sudah rentan cedera dan kerap absen beberapa tahun terakhir.

Klopp merasa, pemain 31 tahun itu masih punya skill yang berguna untuk tim musim depan. Tapi, Firmino punya rencana lain. Kepada Sky Germany, Firmino, bercerita.

Dia telah menemui Klopp usai sesi latihan tim, Jumat (3/3) pagi waktu setempat, untuk memberitahu rencananya akan cabut akhir musim ini. “Saya ingin mencari tantangan baru setelah delapan tahun memperkuat Liverpool. Tidak ada yang bisa merubah keinginan saya ini, termasuk Klopp. Dia pun sudah merelakan kepergian saya,” ujarnya.

Baca juga : Bekap Everton 4-0, Arsenal Melaju Kencang

Firmino didatangkan Liverpool dari Hoffenheim pada 2015, dan baru bersinar saat Klopp menggantikan Brendan Rodgers. Firmino jadi pemain Liverpool paling sering tampil di era Klopp, yakni 346 kali.

Ada 107 gol dan 78 assist dari 353 penampilan. Roberto Firmino sudah meraih seluruh trofi bergengsi yang bisa direbut pesepakbola bersama Liverpool, seperti Premier League, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Musim ini, Firmino banyak diganggu cedera sehingga baru bikin sembilan gol dan empat assist dari 25 laga. Kepergian Firmino jelas menjadi kerugian Liverpool yang akan kehilangan salah satu pemain dengan peran False 9 terbaik di dunia saat ini.

Meski begitu, kepergian Roberto Firmino bisa membuat Liverpool melirik pemain dengan peran False 9 lainnya sebagai penggantinya tersebut di bursa transfer musim panas nanti.

Baca juga : Mo Salah Puji Bajcetic Setinggi Langit

Dikutip dari The Sun, kemarin, Liverpool bisa merekrut salah satu False 9 terbaik dari kompetisi Liga Spanyol, yakni dari Barcelona pada diri Ferran Torres untuk menggantikan Firmino.

Pemain Barcelona 23 tahun itu dinilai memiliki skill nyaris sama dan telah terbukti di level tim nasional. Liverpool pun bisa merekrutnya di musim panas nanti. Kebetulan Barcelona berencana melepas pemainnya karena tengah dihadapkan pada krisis keuangan.

Dan soal harga di angka kisaran 30-40 juta euro atau setara Rp 655 miliar. Jika Liverpool enggan mengeluarkan dana besar, maka klub asal Merseyside ini bisa melirik False 9 lainnya dari Liga Jerman, yakni Daichi Kamada dari Eintracht Frankfurt.

Pemain berusia 26 tahun ini juga merupakan salah satu False 9 terbaik di Eropa saat ini. Hal ini dibuktikannya bersama Frankfurt. Sebagai False 9, Kamada aktif menjemput bola dan kerap membuka ruang bagi rekannya.

Baca juga : Hasil Liga Inggris: Spurs Keok, Arsenal Tertahan

Dia juga punya kreativitas mumpuni untuk menciptakan peluang bagi rekan-rekannya. Dengan kualitasnya itu, Liverpool pun bisa mendatangkannya secara gratis pada akhir musim ini, mengingat kontraknya akan habis pada Juni 2023.

Namun, Liverpool harus bergerak cepat. Sebab, Borussia Dortmund dikabarkan siap merekrutnya dan kini tengah melakukan negosiasi dengan cepat. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.