Dark/Light Mode

Asian Beach Handball Competition

Zulfydar Dan Okto Jempolin Timnas Bola Tangan Putra Hajar China

Jumat, 10 Maret 2023 17:35 WIB
Ketum ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar dan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto : Ist)
Ketum ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar dan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas bola tangan putra Indonesia tampil apik mengawali aksi di pentas Asian Beach Handball Competition.

Berlaga di pantai Nusa Dua, Bali pada Jumat (10/3), timnas Indonesia berhasil mengalahkan tim China dengan skor 2-1 (24 - 22, 17-20 dan 7 - 6) pada pertandingan perdana Asian Beach Handball Competition.

Prestasi ini mendapat apresiasi Ketua Umum (PP ABTI) Zulfydar Zaidar Mochtar yang menyaksikan langsung di lapangan bola tangan pantai Nusa Dua, Bali. 

"Saya sangat memberikan apresiasi Tim Bola Tangan Putra Indonesia memberikan kenangan spektakuler meraih kemenangan perdana di Asian Beach Handball Competition yang dibuka  Ketua NOC Raja Sapta Oktohari, " tegas Zulfydar bersama Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, perwakilan Kapolda Bali, dan Ketua Pengprov ABTI Bali, serta masyarakat Bali . 

Baca juga : Zulfydar Langsung Sambut Timnas Oman Di Bandara Ngurah Rai

Raja Sapta Oktohari yang akrab dipanggil Okto juga terkesan dengan penampilan Timnas Bola Tangan Indonesia yang tampil agresif dengan taktik dan permainan cepatnya mengalahkan timnas China. 

"Postur tubuh pemain bola tangan tidak mempengaruhi saat tampil dalam pertandingan bila memiliki kecerdikan, taktik dan gesit. Semua itu ditampilkan pemain Timnas Bola Tangan Indonesia "bagaikan kancil" mampu mengelabuhj lawan-lawannya untuk meraih kemenagan," kata Okto. 

Dari hasil pertandingan perdana lawan China, Okto optimis, Timnas Bola Tangan Indonesia mampu memberikan harapan tampil di berbagai event internasional. 

" Saya jujur memberikan selamat pada Ketua Umum PP ABTI, Zulfydar yang mampu meningkatkan prestasi Timnas Bola Tangan Indonesia. Kedepannya terus saya memberikan suport agar Timnas Bola Tangan lebih berkembang lagi," tegasnya. 

Baca juga : Top, Komisi I DPR RI Jempolin Pengelolaan Satu Data Ganjar

Ditanya bagaimana peluang menuju Asian Games di China dan kejuaraan dunia di Bali? Okto mengatakan bakal memberikan dukungan pada PP ABTI agar bola tangan bisa lebih maju lagi dan membuahkan prestasi lebih bagus di tingkat internasional lainnya. 

Kesempatan terpisah, pelatih Bola Tangan Indonesia Dwichandra bersyukur, anak asuhnya mengikuti intruksi yang diberikan. Dengan mengandalkan permainan taktik dan kecepatan mampu mengelabuhi pemain China yang memiliki postur lebih tinggi. 

Semua itu diterapkan Muhammad Putma, Muhammad Aryasatya, Muhamad Ihsan, Baso Alif Nur, Zulfikar, Muhammad Sachli, dan Rafi Rajendra. Bahkan melalui keuletannya, Putma yang memiliki postur kecil mampu menyarangkan gol yang produktif untuk meraih kemenangan di games pertama dengan skor 24 - 22.

Memasuki games kedua pemain Indonesia banyak melakukan kesalahan sendiri, baik saat mengumpan maupun melakukan tembakan ke daerah mistar gawang China. Hal itu pula yang membuat kedudukan berakhir 17 - 20 untuk China. 

Baca juga : Siap Bina Atlet, Zulfydar Ingin Bola Tangan Masuk PON

Melihat dari dua games posisinya imbang, pada set ketiga wasit memberikan pertandingan dengan sistem shoot out. Tampaknya permainan tetap imbang dengan sistem mengandu satu penjaga gawang dan satu penyerang yang bergiliran hingga 5 pemain. Namun berkat ketangkasan pemain Indonesia akhirnya games ketiga berakhir dengan angka 7 - 6 untuk Tim Merah - Putih. 

"Saya bangga dan senang dengan kemenangan perdana di kejuaraan Asia. Berlatih dengan waktu yang cukup mulai Desember 2022 yang didampingi pelatih asal Denmark, Tony Kjaer sangat membantu atas kemajuan Timnas Bola Tangan Pantai Indonesia, " tambah Dwichandra lagi. 

Adapun jadwal pertandingan pada Sabtu (11/3/2023) adalah :

10:00 Filipina vs Indonesia (putri) 
10:45 Kuwait vs Indonesia (putra) 
11:30 Hongkong vs Vietnam (putri) 
12:15 Vietnam vs Oman (putra) 
15:00 Filipina vs Qatar (putra) 
15:45 Hongkong vs China (putra) 
16:30 Korea vs Iran (putra)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.