Dark/Light Mode

Piala Dunia U-20

Soal Drawing, Gibran: Solo Siap Gantikan Bali

Selasa, 28 Maret 2023 06:33 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Khairizal Anwar/RM).
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Khairizal Anwar/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan Solo siap menjadi tuan rumah drawing Piala Dunia U20 2023 menggantikan Bali.

"Jika ada perintah dari PSSI, dari Menpora, saya siap," kata Gibran saat ditemui di Solo, Jawa Tengah, Senin (27/3/2023).

Drawing Piala Dunia U20 2023 di Bali sejatinya dijadwalkan berlangsung pada Jumat (31/3/2023). Namun, beberapa hari menjelang hari H, PSSI selaku induk sepak bola Indonesia secara resmi mengumumkan pembatalan drawing oleh FIFA.

Diduga kuat alasan penolakan terhadap kehadiran timnas Israel oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster menjadi alasan drawing ditangguhkan.

Baca juga : Piala Dunia U-20 Terancam Batal, Ketua Komisi X: Selamatkan Sepak Bola Indonesia

Gibran juga menegaskan kesiapan Stadion Manahan sebagai salah satu venue pertandingan Piala Dunia U20 2023. Utusan FIFA juga sudah menginspeksi dan mengecek kesiapan Stadion Manahan pada Sabtu (25/3/2023).

Menurut pernyataan Gibran, saat ini Solo tengah menunggu mesin penjahit rumput untuk menjalankan proses penjahitan tali sintetis ke akar rumput di lapangan Stadion Manahan. Proses penjahitan tersebut merupakan salah satu syarat wajib yang diberikan FIFA.

Saat ini, alat yang digunakan untuk menjalankan proses penjahitan rumput itu diketahui masih berada di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. "Persiapannya (Solo) matang. Minggu depan sudah mulai mendatangkan mesin penjahit rumput," ujar Gibran.

"Solo sangat siap. Kemarin Sabtu sudah diinspeksi. Sudah sangat siap," tutur Gibran menegaskan.

Baca juga : GBB Luncurkan Warung Ganjaran Ramadan Yang Siapkan Takjil Gratis

FIFA memang sudah melakukan road show Stadion Manahan, Solo. Inspeksi terhadap venue pertandingan yang berada di Jawa Tengah itu dilakukan pada Sabtu (25/3/2023).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta, Rini Kusumandari. Rini menjelaskan, FIFA yang diwakili lima tim melakukan pengecekan terakhir dengan didampingi sejumlah pihak terkait.

"Soal rumput stadion untuk lapangan pertandingan sudah aman dan tribune media sudah selesai juga. FIFA menyebut tak ada masalah. Tetapi rekomendasinya secara resmi belum disampaikan dari FIFA," ujar Rini Kusumandari.

Dalam kunjungannya, FIFA memastikan kesiapan alur parkir di Stadion Manahan, serta proses penyampaian informasi yang dipastikan dalam kondisi aman dan siap.

Baca juga : Drawing Piala Dunia U20 Dibatalkan, 9 Hal Buruk Ini Hantui Sepak Bola Indonesia

Satu hal yang menjadi sorotan yaitu masalah pengamanan. Sehingga hal tersebut akan dirembug bersama antara FIFA, LOC, dan Inafoc yang nantinya akan dikeluarkan rekomendasi secara resmi sepekan ke depan.

Rombongan yang berjumlah total 50 orang itu kemudian meninjau empat lapangan pendukung, antara lain Banyuanyar, Kotabarat, Sriwedari, dan Sriwaru.

Keempat lapangan ini nantinya akan digunakan sebagai latihan tim peserta Piala Dunia U-20 2023.

Soal lampu di sekitar stadion yang sebelumnya dinyatakan kurang terang, kini panitia sudah menambah sejumlah titik penerangan. Satu di antaranya di area parkir.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.