Dark/Light Mode

Pamer Bacaleg Dari Tokoh Ngetop

Beringin Sudah Siap Bertarung

Selasa, 21 Maret 2023 07:55 WIB
Peneliti Senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ikrama Masloman. (Foto: Antara)
Peneliti Senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ikrama Masloman. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menghadapi Pemilu 2024, Partai Golkar punya skuad komplet. Jajaran pengurus dan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Beringin bukan kaleng-kaleng. Dari mulai pensiunan jenderal TNI/Polri, eks pejabat, hingga kalangan artis.

Kemarin, deretan nama-nama beken ini diperkenalkan Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto. Peneliti Senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ikrama Masloman menilai, Golkar ingin menunjukkan dirinya sangat siap bertarung di Pemilu 2024. Khususnya untuk meraih suara besar dan kursi di Pileg nanti.

“Golkar menunjukkan punya banyak stok kader yang berkualitas. Memang soal kader ini, Golkar yang paling top,” kata Ikrama kepada Rakyat Merdeka, keamarin.

Golkar, lanjut Ikrama, adalah partai yang tidak mengandalkan sosok figur sentral. Sehingga, sistemnya bekerja dengan baik. Sistem di pengurusan juga sangat selektif. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) membagi klasifikasi kader dari latar belakang pengusaha, aktivis murni, eks jenderal, eks pejabat, hingga kalangan artis.

Baca juga : Penerapan Multiusaha di Sektor Kehutanan Suatu Keharusan

Partai berlogo pohon Beringin itu juga menyediakan ruang ter­buka untuk siapapun yang hen­dak bertarung. Proses kaderisasi hingga pencalegan berjalan amat adil di partai ini.

Dikatakan, menjaring banyak tokoh potensial ditempatkan keroyokan di satu dapil, meru­pakan strategi Golkar untuk me­raup banyak suara. “Pasti lebih dari satu. Misalnya di Jabar, bisa ada tiga tokoh besar di satu dapil. Dan ruang pertarungannya lebih fair. Taufik Hidayat itu pernah kalah. Padahal tokoh,” kata Ikrama memberi contoh.

Ikrama yakin, Golkar akan bertahan di dua besar. Pada survei teranyar LSI Denny JA, Golkar berada di posisi kedua setelah PDI Perjuangan. Hasil ini buah dari banyak hal yang telah dilakukan Golkar. Pertama, 60 persen Pilkada dimenangkan oleh partai Golkar. Kedua, seluruh kadernya potensial dan memiliki modal.

“Kader yang dari pejabat publik maupun aktivis, punya jejaring. Seperti Ridwan Kamil. Yang dari pengusaha, punya modal finansial. Artis punya modal populer. Kekuatan Golkar akan bertambah jika berhasil menempatkan kadernya sebagai capres,” tandasnya.

Baca juga : Pemerintah Pastikan Harga Beras dan Gabah Tetap Terjangkau Saat Ramadhan

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto gembira banyak pensiunan jenderal, eks maupun yang masih menjadi pejabat publik, dan artis, bergabung ke partai yang dipim­pinnya. Mereka, kata Airlangga, bergabung untuk memenangkan Partai Golkar pada Pileg, Pilpres bahkan Pilkada 2024.

“Kami berharap para jenderal, keluarga besar ABRI bisa kem­bali ke pangkuan Partai Golkar,” kata Airlangga usai memamer­kan para Fungsionaris (Bacaleg) tingkat pusat Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, belum lama ini.

Menteri Koordinator Perekonomian itu pun mengintruksikan para Bacaleg Golkar menangkan hati masyarakat dengan terus menerus turun ke masyarakat. “Dengan banyak caleg yang berkualitas, target kursi Partai Golkar 20 persen atau sekitar 126 kursi di DPR, Insya Allah akan tercapai,” kata Airlangga.

Adapun para Bacaleg dari Partai Golkar untuk Pileg 2024 mendatang yakni: Profesor Dr Sutarto Hadi mantan Rektor Universitas Lampung Mangkurat, Ketua Artipena Indonesia.

Baca juga : Kemendagri Dorong Pembangunan Berkelanjutan di Tanah Papua

Kemudian mantan Deputi Operasi Basarnas Mayjen TNI (Purn) Tatang Zainuddin, man­tan Direktur BIN Irjen Pol (Purn) Yuskamnur, mantan Dirjen Imigrasi Irjen Pol. (Purn) Dr. Ronny Sompie.

Lalu Irjen Pol. (Purn) Yovianes Mahar, mantan Kapolda Babel dan Bengkulu, Mayjen TNI (Purn) Dr. Hipdizah S Adm., M.Si., Mantan Danrem, Wakil Rektor III UNHAN. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.