Dark/Light Mode

Tenis Monte Carlo Masters 2023

Rune-Rublev Saling Cakar Di Laga Final

Senin, 17 April 2023 07:00 WIB
Holger Rune. (Foto: Net).
Holger Rune. (Foto: Net).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kejutan kembali terjadi di ajang tenis Monte Carlo Masters 2023. Petenis muda asal Denmark, Holger Rune berhasil melangkah ke babak final, setelah mengalahkan Jannik Sinner di semifinal. Rune akan ditantang petenis Rusia, Andrey Rublev di partai pamungkas.

Di laga tersebut, Holger Rune yang baru menginjak usia 19 tahun tampil impresif dengan mengalahkan Jannik Sinner dengan skor 1-6, 7-5, 7-5 di lapangan yang sempat diguyur hujan.

Bahkan, Holger Rune melan­jutkan performa moncernya den­gan naik ke sepuluh besar dunia musim ini, setelah membuat terobosan pada 2022 dengan ge­lar Paris Masters, mengalahkan Novak Djokovic di babak final.

“Sangat tidak bisa dipercaya. Jannik mulai memukul, mencetak banyak winner dan dia dalam kondisi bagus beberapa bulan terakhir,” kata Rune, seperti disiarkan AFP.

Baca juga : Daniil Medvedev Terhenti

Sinner mendominasi set pem­buka tetapi tertinggal 3-0 pada set kedua ketika para petenis dipaksa keluar lapangan karena cuaca buruk. Rune kehilangan keunggulan itu setelah pertand­ingan dimulai kembali, tetapi dia terus menekan servis Sinner dan menyamakan kedudukan pada gim ke-12 pada set point keempatnya.

Dia kemudian melakukan langkah menentukan dan mengamankan tempat di final Masters keduanya saat pukulan fore­hand Sinner bersarang di net. “Saya harus menggali lebih dalam dan menemukan solusi yang saya lakukan dengan baik. Menyenangkan bermain seperti ini,” ujarnya.

Di babak final, Holger Rune sudah ditunggu petenis Rusia yang menempati unggulan kelima Andrey Rublev yang mengalahkan Taylor Fritz 5-7, 6-1, 6-3 pada laga semifinal pertama.

Sebelumnya, Rublev juga bangkit dari ketertinggalan satu set untuk mengalahkan petenis Amerika Fritz dengan servis keras dan mencapai final ked­uanya di Monte Carlo. Petenis berusia 25 tahun itu berusaha untuk tampil lebih baik daripada 2021 ketika dia kalah di final dari Stefanos Tsitsipas.

Baca juga : The Djoker Angkat Koper

“Sangat sulit, terutama mela­wan Taylor,” kata Rublev setelah kemenangan pertamanya dalam empat pertemuan terakhirnya dengan Fritz.

Kedua petenis kesulitan melakukan servis pada set pembuka yang panjang, tetapi unggulan kedelapan Fritz memimpin den­gan mematahkan servis pada gim ke-12. Rublev melaju mela­lui set kedua untuk memaksa ke set penentuan, yang dihentikan sementara karena hujan, dengan petenis nomor enam dunia itu unggul 3-2 pada servis.

Rublev semakin meningkat­kan levelnya setelah pertand­ingan dimulai kembali. Dia melakukan tiga match point dan berhasil menyelesaikan pertandingan.

“Secara mental sulit untuk bermain melawan dia karena saya berpikir apakah saya akan memiliki peluang. Saya me­mulai dengan sangat baik dan kemudian saya melakukan break dan kemudian dia mematahkan saya kembali, tetapi saya tahu saya akan memiliki peluang.”

Baca juga : Menteri Hadi Serahkan Sertipikat Wakaf Di Samarinda

“Pada akhirnya kami men­jalani pertandingan yang hebat dan saya senang dengan keme­nangan itu,” katanya.

Ini akan menjadi final kedua bagi Rublev di musim ini, set­elah kalah dari Daniil Medvedev di Rotterdam pada Maret. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.