Dark/Light Mode

Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023

Tembus 8 Besar, Ginting-Gregor Jadi Andalan

Jumat, 28 April 2023 06:28 WIB
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. (Foto : PBSI)
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. (Foto : PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anthony Sinisuka Ginting menjadi andalan Indonesia di sektor tunggal putra Indonesia menyusul kekalahan Chico Aura Dwi Wardoyo di pentas Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Ginting menjadi satu-satunya harapan usai melaju hingga babak perempat final berbekal kemenangan dua gim langsung atas Kenta Nishimoto dengan skor 21-18, 21-17, Kamis (27/4) malam waktu setempat.

"Saya lebih inisiatif untuk menyerang karena kondisi shuttlecock kan kencang. Selain itu, sama seperti kemarin harus menerapkan strategi yang pas, dari fokusnya juga dijaga karena sudah sering ketemu jadi sama-sama tahu permainan masing-masing," kata Ginting lewat pesan resmi PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Strategi tersebut membuat Ginting kesulitan mencari pola yang pas untuk mengimbangi lawan.

Baca juga : Banteng Jangan Terlalu Dominan

"Dia coba mengubah pola dan saya agak ikut ke pola itu, tapi saya tidak mau didikte. Saat tertinggal beberapa poin itu saya coba mengubah juga polanya dan ternyata berhasil," ungkap Ginting.

Sementara itu, Chico Aura Dwi Wardoyo harus terhenti pada babak 16 besar setelah dikalahkan unggulan kedelapan Prannoy HS asal India.

"Sayang sekali sebenarnya, di poin-poin akhir gim ketiga saya malah banyak memberi bola lambung jadinya terus mendapatkan serangan. Tapi di luar itu, Prannoy juga bermain dengan cukup baik," tutur pebulu tangkis asal Jayapura, Papua itu.

Setelah ini, Chico akan langsung mengalihkan fokusnya untuk SEA Games 2023 mengingat ia juga menjadi bagian dari Kontingen Indonesia pada cabang olahraga tepok bulu di Phnom Penh, Kamboja.

Baca juga : Tembus 3 Besar, Newcastle Tatap Si Kuping Bundar

"Tapi saya merasa permainan saya cukup baik hari ini, walau memang ada kesalahan-kesalahan yang harus segera diperbaiki. Setelah ini saya akan langsung fokus untuk persiapan menuju SEA Games," pungkas Chico.

Sementara itu, Gregoria Mariska Tunjung mewujudkan targetnya melaju ke babak perempat final tunggal putri Kejuaraan Badminton Asia (BAC) 2023, yang didapat setelah mengalahkan rekan senegaranya Komang Ayu Cahya Dewi.

"Target sudah tercapai ke babak perempat final, besok seperti biasa tidak ingin membebani diri sendiri, karena takutnya tidak baik untuk diri sendiri," kata Gregoria.

Usai melewati laga alot, Gregoria ingin fokus untuk pemulihan fisik, mengingat calon lawannya pada perempat final akan lebih sulit. Pertemuannya dengan Komang terbukti menguras stamina Gregoria.

Baca juga : Perusahaan Souvenir Ini Berdayakan Pelaku UMKM Lokal Tembus Pasar Nasional Hingga Forum Internasional

"Saya ingin recovery dulu, stretching yang bagus dan tidur yang baik. Tapi selain jaga fisik, saya juga harus menjaga mental karena pertandingan hari ini membuat mental lumayan terkuras melawan Komang," kata Gregoria pula.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.