Dark/Light Mode

Final Badminton Beregu Putra SEA Games 2023

Ganyang Malaysia, Tim Merah-Putih Raih Emas

Jumat, 12 Mei 2023 07:00 WIB
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Shohibul Fikri (kiri) dan Bagas Maulana (kanan) mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis Malaysia Beh Chun Meng dan Goh Boon Zhe pada final bulu tangkis beregu putra SEA Games 2023 di Badminton Hall, Morodoc Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (11/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom).
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Shohibul Fikri (kiri) dan Bagas Maulana (kanan) mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis Malaysia Beh Chun Meng dan Goh Boon Zhe pada final bulu tangkis beregu putra SEA Games 2023 di Badminton Hall, Morodoc Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (11/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Badminton beregu putra Indonesia sukses meraih medali emas di final SEA Games 2023. Tim Merah-Putih mengganyang Malaysia dengan skor 3-1.

Berlaga di Morodok Techno National Stadium, Kamboja, kemarin, Tim Merah-Putih tampil trengginas pada partai puncak. Para atlet berjuang spartan, tanpa kenal lelah untuk merebut medali emas.

Buktinya, Tim Garuda harus bermain empat partai untuk bisa mengalahkan Tim Negeri Jiran itu.

Tunggal pertama Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo harus menyerah kalah di partai per­tama melawan Leong Jung Hai. Chico keok dengan dua set langsung 16-21, 13-21.

Tapi, di partai kedua, ganda pu­tra Bagas Maulana/Muhammad Shohibil Fikri alias Bakri menyamakan kedudukan. Bakri mampu menuntaskan perlawa­nan wakil Malaysia, Cun Meng/Goh Boon Zhe dengan dua gim langsung 21-12, 22-20.

Baca juga : Bos PGSI Siap Guyur Bonus Peraih Medali

Di partai ketiga, Tim Garuda un­ggul lewat tunggal putra Christian Adinata yang sukses mengalah­kan tunggal Malaysia, Ong Ken Yon dua set 21-17, 21-7.

Di partai keempat, ganda pu­tra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Yacob Yoche Rambitan harus berjuang mati-matian un­tuk menundukkan ganda muda Malaysia, ChiaWeiji/Lies Xun.

Di set pertama, Pramudya/Yeremia harus menyerah dengan skor 13-21.

Tapi, di set kedua, Pramudya/Yeremia terus meningkat perfor­manya. Lewat permainan meny­erang dengan bola pendek dan smash mematikan, Pramudya/Yeremia akhirnya menang den­gan 21-16. Pada set penentuan, Pramudya/Yeremia tidak mengen­durkan permainannya. Mereka ter­us melancarkan serang sporadis ke pertahanan ganda muda Malaysia itu. Hasilnya, ganda Indonesia ini mampu menyudahi perlawanan Malaysia dengan 21-16.

Kemenangan ini membuat kegembiraan bagi kubu Indonesia. Rekan-rekan Pramudya/Yeremia langsung masuk lapangan untuk merayakan kemenangan ini. Tim Garuda akhirnya meraih medali emas.

Baca juga : Beregu Putri Tenis Sumbang 1 Medali Emas

Tapi, nasib kurang baik dira­sakan tim beregu putri Indonesia yang harus meraih medali perak saja.

Tim Putri Indonesia harus menyerah 0-3 dari Tim Putri Thailand. Lewat pemain-pemain muda, Indonesia tak bisa berbuat banyak untuk mengalahkan tim berjuluk Gajah Perang itu.

Tunggal pertama Indonesia, Komang Ayu Cahaya Dewi harus kalah dari tunggal putri Thailand, Lalinrat Chaiwan.

Pebulutangkis 20 tahun asal Bali itu harus menyerah 16-21, 13-21.

Di partai kedua, ganda putri Febriana Dwi Puji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi ju­ga tidak bisa berkutik mela­wan ganda peringkat 9 dunia, Jongkolphan Kittitharakul/Rawinda Prajobgjai dengan skor 11-21, 15-21.

Baca juga : Pertama Dipanggil, Alwi Siap Juara

Di partai ketiga, tunggal pu­tri Ester Nurumi Tri Wardoyo pun harus kalah. Pebulutangkis 18 tahun kelahiran Jayapura, Papua ini harus menyerah dari Supanida Katethong dengan skor 11-21, 12-21.

Dengan kekalahan ini, Indonesia harus mengubur mimpinya untuk merebut emas. Tim putri hanya mampu menyabet perak. Thailand sebagai juara bertahan, kembali merebut emas. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.