Dark/Light Mode

Lewati Target, Tim Badminton Indonesia Juara Umum SEA Games Kamboja

Selasa, 16 Mei 2023 22:50 WIB
Peraih emas ganda putri, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi. (Foto : PBSI)
Peraih emas ganda putri, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi. (Foto : PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perjuangan tim badminton Indonesia di pentas SEA Games Kamboja layak diacungi jempol. Christian Adinata Cs sukses melewati target yang diberikan sekaligus mengukuhkan jawara Asia Tenggara dengan menjadi juara umum.

Pada laga final perorangan cabor badminton, Selasa (16/5) siang, tim badminton Indonesia berhasil membawa pulang lima medali emas SEA Games Kamboja. Padahal sebelumnya, tim Merah Putih hanya ditarget meraih 4 medali emas.

Kepastian Indonesia menjadi juara umum setelah kemenangan diraih Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dari nomor ganda putra. 

Baca juga : Penuh Drama, Timnas Juara SEA Games Setelah 32 Tahun

Pram/Yere menyabet medali emas mengalahkan ganda putra Thailand, Peeratchai Sukphun/Pakkapon T, dua gim langsung dengan skor 21-17, 21-19, Selasa (16/5/2023). 

Sebelumnya emas juga diraih dari nomor tunggal putra, dalam All Indonesian Final yang mempertemukan Christian Adinata kontra Chico Aura Dwi Wardoyo. 

Christian meraih emas mengalahkan Chico melalui drama rubber game, dengan skor 21-12, 18-21, 21-18

Baca juga : Ketua Umum PELTI: Prestasi Tenis Indonesia Di SEA Games Kamboja Luar Biasa

Dua wakil Indonesia lain yang meraih emas di SEA Games 2023 Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumati dari nomor ganda campuran dan pasangan ganda putri, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Rehan/Lisa dapat emas usai mengalahkan menumbangkan wakil Malaysia, Roy King Yap/Cheng Su Yin, 20-22, 21-8, 21-16.

Sementara Ana/Tiwi yang menghadapi ganda putri dari Indonesia, Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose keluar sebagai pemenang setelah meraih skor 21-17, 21-16. 

Baca juga : Tenis Indonesia Juara Umum SEA Games Kamboja

Satu emas lain yang dikalim Indonesia datang dari nomor beregu putra. Kontingen Merah Putih mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1.  Badminton Indonesia Juara Umum SEA Games 2023 Lima medali emas pun membuat Indonesia menjadi juara umum dari cabor badminton di SEA Games 2023

Total Indonesia meraih 11 medali, yang rinciannya terdiri dari lima emas, tiga perak, dan tiga perunggu.  Kontingen Tanah Air menempati peringkat pertama.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.