Dark/Light Mode

Penuh Drama, Timnas Juara SEA Games Setelah 32 Tahun

Selasa, 16 Mei 2023 22:40 WIB
Marselino Cs merayakan kemenangan di pentas SEA Games Kamboja. (Foto : PSSI)
Marselino Cs merayakan kemenangan di pentas SEA Games Kamboja. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah menunggu selama 32 tahun, penuh drama, timnas U-22 Indonesia akhirnya menjadi juara meraih medali emas di laga final sepakbola SEA Games Kamboja. Indonesia menang dengan skor 5-2 atas Thailand.

Pertandingan Timnas U-22 Indonesia vs Thailand berlangsung di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam. Duel ini harus melakoni perpanjangan waktu setelah di waktu normal berakhir dengan 2-2.   

Situasi panas membuat wasit harus mengeluarkan 4 kartu merah. Satu untuk Indonesia diberikan Komang. Tiga kartu merah diberikan untuk timnas Thailand. 

Adalah M Ramadhan Sananta yang kali pertama membuka kemenangan Indonesia. Pemain asal PSM Makasaar ini juga mencetak brace alias 2 gol di laga ini. 

Baca juga : Erick Kuatkan Mental Pemain, DPR Doakan Timnas U-22 Raih Emas Di SEA Games 2023

Gol pertama lahir pada menit ke-20. Sananta mendapat bola dari lemparan jauh ke dalam Alfeandra Dewangga dari sisi kanan. Bola kemudian disundul Sananta ke arah gawang.

Sempat membentur kaki pemain Thailand, bola justru membobol gawang sendiri. Skor 1-0 untuk kemenangan timnas Indonesia.

Thailand sempat mendapat peluang emas lewat bola mati di masa injury time babak pertama. Beruntung tak berbuah gol. 

Justru M Ramadhan Sananta yang kembali mengubah keadaan menjadi 2-0 untuk Indonesia. Mendapat umpan jauh dari Rizky Ridho, Sananta menyontek bola  yang ditinggal kiper Thailand. Skor 2-0 untuk kemenangan Indonesia.  

Baca juga : Tenis Indonesia Juara Umum SEA Games Kamboja

Thailand memperkecil kedudukan pada menit ke-64 melalui sundulan Anan Yodsangwal usai memanfaatkan sepak pojok. Keadaan berubah di menit akhir.

Rio Fahmi membuat blunder dengan gagal menghalau bola. Bola direbut Yotsakon dan membuahkan gol penyeimbang pada menit ke-90+8.

Thailand akhirnya menyamakan kedudukan jadi 2-2 pada detik-detik akhir babak kedua. Gol penyeimbang itu dicetak Yotsakon.

Beruntung Irfan Jauhari mengubah situasi. DIa membawa Indonesia kembali unggul 3-2 pada menit ke-90.

Baca juga : Tim Wushu RI Juara Umum Di SEA Games, Airlangga Bangga

Gol lain lahir dari Fajar Fathur Rahman mencetak gol pada menit ke-107. Akhirnya Beckham Putra menambah penderitaan Thailand setelah membawa Indonesia U-22 unggul 5-2 pada menit ke-119.

Ini adalah pertemuan ke-24 antara Thailand vs Indonesia. Dari 23 kali pertemuan sebelumnya, Garuda Muda meraih lima kemenangan, momen itu terjadi pada edisi 1979, 1989, 1991, 2011, dan 2019. sementara Thailand meraih 16 kemenangan dan dua kali imbang.

Indonesia terakhir meraih emas pada SEA Games 1991. Itu juga kali pertama Indonesia bertemu dengan Thailand di final. Kini setelah 32 tahun Indonesia akhirnya juara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.