Dark/Light Mode

Erick Thohir: Terima Kasih Para Pejuang Bernyali Juara

Timnas U-22 Persembahkan Emas Untuk Indonesia

Rabu, 17 Mei 2023 08:00 WIB
Ketua Umun PSSI Erick Thohir berfoto bersama Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri, Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari dan para pemain Timnas U-22 seusai penyerahan medali Emas SEA Games, di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, kemarin. Timnas Indonesia U-22 meraih emas setelah berhasil mengalahkan Thailand 5:2 pada pertandingan final sepak bola putra SEA Games 2023.
Ketua Umun PSSI Erick Thohir berfoto bersama Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri, Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari dan para pemain Timnas U-22 seusai penyerahan medali Emas SEA Games, di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, kemarin. Timnas Indonesia U-22 meraih emas setelah berhasil mengalahkan Thailand 5:2 pada pertandingan final sepak bola putra SEA Games 2023.

 Sebelumnya 
 
Ia berjanji, emas SEA Games ini adalah titik awal perjalanan tim sepak bola Indonesia menggapai asa lebih tinggi. "Timnas akan terus meningkatkan diri, mengasah kemampuan. Karena target kita bukan berhenti di Kamboja. Tapi Kamboja adalah awal dari perjalanan sepak bola kita untuk menggapai asa yang lebih tinggi di level yang lebih tinggi pula," kata Erick.
 
Bukan hanya Erick, masyarakat pun mengapresiasi Timnas Garuda. Drama, keringat, dan darah, menjadi cermin perjuangan Timnas Indonesia untuk meraih satu medali emas di SEA Games Kamboja melalui cabang sepak bola.
 
Final yang mempertemukan Indonesia dan Thailand benar-benar menyajikan pertandingan menarik. Sejak peluit dibunyikan, kedua tim melakukan jual beli serangan. Tensi pertandingan juga cukup tinggi. Terlihat dari 7 goal, 16 kartu kuning, dan 6 kartu merah.
 
Di 10 menit awal, tim asuhan Indra Sjafri lebih mendominasi permainan. Marselino bahkan telah melesakkan tiga tembakan, meski belum mengarah ke gawang. Timnas Indonesia memecah kebuntuan di menit 20. Berawal dari lemparan ke dalam Dewangga yang diselesaikan dengan baik oleh Sananta melalui sundulan kepalanya.
 
Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja kembali bergemuruh di menit 45+4. Sananta kembali mencatatkan namanya di papan skor. Babak pertama pun diakhiri dengan skor 2-0 untuk Timnas Indonesia.
 
Tensi babak kedua semakin tinggi. Namun, di babak ini Thailand lebih mendominasi pertandingan. Tim asuhan Issara Sritaro berhasil memangkas jumlah gol di menit 64 melalui sundulan Anam dari sepakan pojok, mengubah skor menjadi 2-1.
 
Di menit ke-97, Indra Sjafri dan official Indonesia masuk ke lapangan, mengira pertandingan sudah usai dengan kemenangan Indonesia. Indra melakukan sujud syukur sebagai ciri khas selebrasinya. Namun, peluit ini ternyata bukan tanda pertandingan berakhir. Melainkan terjadi pelanggaran.
 
Pada momen ini, pemain Thailand bisa memaksimalkan ketidakfokusan Marselino Cs. Alhasil, Ernando harus memungut bola dari gawangnya setelah dijebol Yotsakor pada menit 90+9.
 
Gol emosional ini membuat Yotsakor Cs dan official Thailand melakukan selebrasi berlebihan. Mereka berlari menghampiri penonton dan bench Timnas Indonesia. Sehingga keributan pun terjadi.
 
Di babak pertambahan waktu pertama, Indonesia kembali unggul saat Jauhari memaksimalkan kesalahan bek Thailand sehingga mengubah skor menjadi 3-2. Usai gol ini, keributan kembali terjadi, para official Thailand mendatangi bench Timnas Indonesia dan sempat terjadi pemukulan. Atas insiden ini, penjaga gawang Thailand Soponwit Rakyart dan dua official tim Gajah Putih diganjar kartu merah. Sementara dari Indonesia, Komang, dan satu official diusir dari lapangan. 
 
Di sisa waktu babak perpanjangan, dua pemain Thailand: Jonathan dan Teerasak juga diusir wasit karena akumulasi kartu kuning. Unggul jumlah pemain, Timnas Indonesia bisa memperlebar jarak melalui Fajar dan Bechkam. Skor 5-2 bertahan hingga peluit pertandingan berakhir. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.