Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Erick Pastikan, Jepang Siap Bantu Pengembangan Sepak Bola Indonesia

Kamis, 16 Maret 2023 15:01 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) foto bareng dengan Presiden JFA Tashima Kohzo dan jajarannya, dalam acara Kongres FIFA, Selasa (14/3).
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) foto bareng dengan Presiden JFA Tashima Kohzo dan jajarannya, dalam acara Kongres FIFA, Selasa (14/3).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kongres FIFA di Kigali, Rwanda, menjadi kesempatan besar bagi sepak bola Indonesia.

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir pun memanfaatkan momentum ini, untuk menjajaki sejumlah kerja sama dengan federasi sepak bola lain.

Hal ini ditunjukkan Erick, saat bertemu dengan Presiden Japan Football Association (JFA) Tashima Kohzo di sela-sela Kongres FIFA, Kamis (16/3).

Dalam beberapa kesempatan, Erick kerap menyinggung langkah keberhasilan Jepang, yang secara konsisten melakukan pengembangan berkelanjutan terhadap sepak bola.

Hasilnya, Jepang menjadi barometer sepakbola di Asia.

Baca juga : 57 Mitra Deradikalisasi di Jateng Dibekali Wawasan Kebangsaan oleh BNPT

"Kami berbicara tentang potensi kolaborasi kedua federasi, PSSI dan JFA, untuk rencana kerja sama sepak bola Indonesia dan Jepang," ucap Erick, Kamis (16/3).

Erick menjelaskan, fokus area kolaborasi meliputi pengembangan liga, perbaikan perwasitan dan pengembangan sepak bola putri di Indonesia.

Menurutnya, Jepang sangat antusias dengan rencana kerja sama terhadap pengembangan sepak bola Indonesia.

"Terima kasih kepada JFA  yang telah bersama-sama PSSI membangun sepak bola Indonesia ke depan," kata Erick.

Tak hanya dengan Jepang, Erick juga bertemu dengan Presiden Asia Football Confederation (AFC) Shaikh Salman Al Khalifa dan Presiden Federasi Sepakbola Kerajaan Arab Saudi (KSA), Yaser Al Misehal, Rabu (15/3).

Baca juga : Erick: Presiden AFC Dukung Perbaikan Sepak Bola Indonesia

Shaikh Salman menaruh perhatian besar atas sepakbola Indonesia. Dia menilai, Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang sangat menggemari sepakbola. Namun, memiliki pekerjaan rumah besar, dalam memperbaiki iklim sepak bola. Supaya bisa bersaing di kancah internasional.

"Presiden Shaikh Salman mendorong pembenahan total PSSI, karena Indonesia adalah negara sepak bola terbesar di Asia Tenggara," beber Erick, Rabu (15/3).

Erick pun mengamini dorongan tersebut, sebagai tambahan motivasi dalam memperbaiki sepak bola Tanah Air.

Mantan Presiden Inter Milan itu menyebut, perbaikan sepak bola Indonesia sudah menjadi bagian dari program reformasi total, dalam tata kelola PSSI.

Erick menyebut peran penting KSA, dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-20 bagi Indonesia.

Baca juga : Babak Baru Perlindungan Pekerja Rumah Tangga

Dalam perbincangan dengan Yaser, Erick juga menjajaki kemungkinan sejumlah kerja sama PSSI dengan KSA ke depan.

"Saya berterima kasih ke Presiden Yaser. Arab Saudi adalah salah satu tim yang mendukung Indonesia, ketika kita bidding Piala Dunia U-20," ucap Erick. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.