Dark/Light Mode

Raih Gelar Piala Sudirman Ke-13

Tembok China Makin Kokoh

Senin, 22 Mei 2023 07:00 WIB
Tim Negeri Tirai Bambu sukses meraih gelar juara bulutangkis beregu campuran Piala Sudirman untuk ke-13 kalinya. (Foto: AFP).
Tim Negeri Tirai Bambu sukses meraih gelar juara bulutangkis beregu campuran Piala Sudirman untuk ke-13 kalinya. (Foto: AFP).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dominasi China di cabang bulutangkis masih belum tergoyahkan. Terbukti, Tim Negeri Tirai Bambu itu sukses meraih gelar juara bulutangkis beregu campuran Piala Sudirman untuk ke-13 kalinya.

Di laga final, China berhasil mengalahkan Korea Selatan (Korsel) dengan skor 3-0 dalam pertandingan yang digelar di Su­zhou, kemarin. Hasil tersebut sekaligus mempertahankan rekor China sebagai negara pemenang Piala Sudirman terbanyak sejak kejuaraan tersebut dilangsung­kan pertama kali sejak 1989.

Pada partai pertama, ganda campuran China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong berhasil mengalahkan pasangan Seo Seung Jae/Chae Yu Jung 18-21, 22-20, 21-8. Padahal, di game pertama, sempat tertinggal, tapi bang­kit dari ketertinggalan di game kedua.

Baca juga : Dear Kepala Desa, Simak 3 Tips Dari Gus Muhaimin Agar Dana Desa Makin Efektif

Zheng/Huang yang kalah cepat pada awal pertandingan, berbalik menyerang dan mendo­brak pertahanan Seo/Chae pada dua game selanjutnya.

Pasangan Korsel sempat memberikan perlawanan balik jelang akhir gim kedua, na­mun usaha mereka masih kalah gesit dibanding Zheng/Huang. Setelahnya, Zheng/Huang mem­berikan tekanan lebih keras dan mencuri keunggulan dengan mudah pada gim ketiga dengan skor akhir 18-21, 22-20, 21-8.

Keunggulan tim tuan rumah digandakan pada partai kedua, yang memainkan tunggal putra Shi Yu Qi kontra Lee Yun Gyu.

Baca juga : Besok, Jojo Cs Dan Thailand Berebut Juara Grup

Meski kedua pemain belum pernah bertemu sebelumnya, serta peringkat yang berselisih sangat jauh, namun keduanya menampil­kan persaingan seru pada ajang beregu campuran elit tersebut.

Yu Qi memang sanggup menuntaskan pertandingan dalam dua game langsung, na­mun ia mendapat perlawanan ketat dari pebulutangkis pering­kat ke-213 itu. Setelah 55 menit bertanding, akhirnya pemain peringkat 10 itu pun menyumbang poin kedua bagi Timnas China lewat skor dua gim langsung 21-13, 21-17.

Gelar penentu diciptakan tung­gal putri, Chen Yu Fei yang berhadapan An Se Young. Ber­dasarkan catatan BWF pada laman resminya, Chen sudah mengoleksi delapan kemenangan atas An Se Young. Sementara An Se Young baru mendulang kemenangan separuhnya dari lawannya itu.

Baca juga : M88 Mansion Kembali Jadi Sponsor Piala Sudirman 2023

Meski begitu, wakil Korsel itu menciptakan kemenangan pada tiga pertemuan terakhir secara berturut-turut, yaitu di Malay­sia Open 2023, All England 2023, dan Kejuraan Asia 2023.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.