Dark/Light Mode

Raih Gelar Ketujuh Kalinya

Sevilla Layak Jadi Raja Liga Europa

Jumat, 2 Juni 2023 07:00 WIB
Pemain Sevilla saat selebrasi merayakan kemenangan meraih gelar Liga Europa. (Foto: Getty Images).
Pemain Sevilla saat selebrasi merayakan kemenangan meraih gelar Liga Europa. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Raja Liga Europa memang layak disematkan pada klub asal Spanyol, Sevilla. Untuk ketujuh kalinya, Sevilla berhasil meraih gelar juara pada kompetisi Eropa, setelah mengalahkan AS Roma lewat drama adu penalti 4-1.

Partai final Liga Europa yang digelar di Puskas Arena, Hungaria, ini lebih didominasi Sevilla. Sevilla tercatat menguasai 67 persen jalannya laga dan melepaskan 19 tendangan. Namun, hanya tiga dari mereka yang tepat ke arah gawang.

Sementara, AS Roma dengan permainan bertahan khas Jose Mourinho hanya memiliki 33 persen penguasaan bola dan menembakkan 11 tendangan dengan empat yang on target.

Baca juga : AS Roma Vs Fiorentina: Pemanasan Liga Europa

Sevilla tertinggal lebih dulu lewat gol Paulo Dybala pada menit ke-34. Penyerang AS Roma asal Argentina itu melesakkan tendangan mendatar yang mengecoh Yassine Bono. Skor 0-1 bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, Sevilla berhasil menyamakan kedudu­kakan melalui gol bunuh diri Gianluca Mancini yang salah mengantisipasi.

Kedudukan 1-1, hingga akhir babak kedua, Sevilla dan Roma tidak bisa menambah gol. Bahkan, hingga dua kali perpanjangan waktu, tetap tidak ada gol yang tercipta hingga akhirnya pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Para algojo titik putih Sevilla tampak lebih siap secara mental dalam melakukan eksekusi adu penalti. Mereka menang 4-1 dan men­gangkat trofi Liga Eropa untuk ketujuh kalinya.

Pelatih Sevilla, Jose Lui Mendilibar mengakui bahwa ia masih meresapi gelar juara Liga Europa 2023 setelah mengan­daskan AS Roma. Sang pelatih juga mengatakan jika pekerjaan­nya telah selesai dan membuka opsi untuk bertahan bersama Los Nervionenses.

Baca juga : Selangkah Lagi, Serigala Merah Bawa Trofi Liga Europa

“Sepertinya kami telah memenangkan Liga Eropa, bukan. Saya tidak tahu apakah saya masih mempercayainya. Ketika saya pergi berlibur, kami akan memikirkan apa yang telah kami lakukan,” lanjut Jose Lui Mendilibar.

Ini merupakan final Liga Europa ketiga secara beruntun yang berakhir dengan adu penalti. Dan nasib Mendilibar bersama Sevilla akan diputuskan oleh manajemen yang nampaknya akan mempertahankan sang pelatih.

“Saya sangat senang. Segalanya berjalan luar biasa dengan anak-anak, karena mereka dengan cepat menerima apa yang saya minta dan memberikan segalanya,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.