Dark/Light Mode

Seleksi Pemain Timnas U-17

Erick: Tak Ada Titipan!

Senin, 17 Juli 2023 08:00 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir (tengah) berfoto bersama saat meninjau seleksi Timnas sepak bola U-17 di Bali United Training Center, Gianyar, Bali, Minggu (16/7/2023). Sebanyak 947 pemain mengikuti seleksi yang digelar untuk menghadapi Piala Dunia U-17. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nz)
Ketum PSSI Erick Thohir (tengah) berfoto bersama saat meninjau seleksi Timnas sepak bola U-17 di Bali United Training Center, Gianyar, Bali, Minggu (16/7/2023). Sebanyak 947 pemain mengikuti seleksi yang digelar untuk menghadapi Piala Dunia U-17. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nz)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seleksi pemain Timnas U-17 untuk berlaga di Piala Dunia U-17 masih bergulir di 12 daerah di Indonesia. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memastikan, mereka yang bakal masuk Timnas U-17 adalah bibit-bibit unggul yang benar-benar memiliki talenta. "Tidak ada titipan," tegas Erick.

Hingga kini, seleksi pemain Timnas U-17 telah dilakukan di tiga tempat, dari 12 daerah yang diagendakan. Pertama, seleksi dilakukan di Bandung. Empat talenta muda dipilih dari Kota Kembang itu, dari total 187 peserta mengikuti seleksi. Kedua, di Palembang. Di Bumi Sriwijaya, PSSI menjaring dua pemain dari 147 peserta seleksi.

Baca juga : Indra Sjafri: Kami Cari Pemain Siap Tanding

Adapun seleksi ketiga, digelar di Bali. Erick mengamati langsung 947 pemain yang mengikuti proses seleksi di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar, kemarin. Ini adalah rekor untuk seleksi pemain terbanyak yang dilakukan di beberapa kota. 

Erick mengakui, antusiasime peserta seleksi di Bali luar biasa. Hal ini menunjukkan potensi bibit unggul di Bali sangat besar. Terkait dengan seleksi ini, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, PSSI mengubah konsep untuk rekrutmen tim U-17 yang akan disiapkan untuk Piala Dunia U-17. 

Baca juga : Erick: Jangan Ada Yang Nitip-Nitip, Semua Harus Sesuai Kriteria

Untuk melahirkan pemain yang unggul, Erick memastikan proses seleksi ini berjalan objektif. Ia menekankan agar tidak boleh ada 'titipan' dalam seleksi pemain. "Semuanya harus sesuai kriteria," tegasnya.

Selain materi pemain, Erick benar-benar ingin memastikan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia. Ia tidak ingin polemik Piala Dunia U-20 kembali terulang di Piala U-17  yang berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember 2023.

Baca juga : Rieke: Narasi Perdamaian Dominasi Catatan Sejarah Peradaban Islam

Erick menyebut ada enam sampai delapan stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia U-17 2023. FIFA akan mengirim tim untuk mengecek ulang stadion-stadion yang diusulkan.

"Nanti bulannya akan saya kasih tahu, untuk pengecekan ulang. Tetapi ini yang saya bilang pengecekan awal diperlukan terutama untuk stadion belum pernah kami usulkan, seperti Bogor dan JIS ini yang saya tunggu," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.