Dark/Light Mode

Pemain Diaspora Belum Jaminan Lolos Timnas U-17

Selasa, 18 Juli 2023 05:49 WIB
Para pemain timnas Indonesia di ajang SEA Games 2023. (Foto : PSSI)
Para pemain timnas Indonesia di ajang SEA Games 2023. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Tim Indonesia U-17, Bima Sakti menegaskan akan memilih para pemain terbaik yang sesuai kriterianya dalam proses seleksi pemain untuk Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Menurutnya, tidak ada jaminan enam pemain diaspora yang saat ini mengikuti pemusatan latihan bisa langsung lolos.

Pada seleksi pemusatan latihan awal ini, Bima Sakti memanggil 34 pemain, termasuk enam dari diaspora, yaitu pemain keturunan atau pemain yang tinggal di luar negeri.

Baca juga : Hadirkan Citarasa Lokal, Mi Instan Lemonilo Kenalkan Rasa Kuah Soto Koya

Keenam pemain diaspora itu yakni Welberlieskott de Halim Jardim, Madrid Augusta, Mahesa Ekayanto, Staffan Qabiel Horrito, Aaron Liam Suitela dan Aaron Nathan Ang.

Ada sistem dan degradasi karena staf pelatih ingin mencoba memberi kesempatan para pemain menunjukkan kualitas terbaik.

“Kalau memang mereka bagus dibandingkan anak-anak yang sudah ada, ya akan saya ambil. Kalau enggak, lebih baik kita ambil anak-anak lokal yang telah berjuang di akademi dan SSB (Sekolah Sepak Bola). Kita sudah sampaikan bahwa kriteria utama pasti kualitas. Kemudian sesuai posisi, (misalnya) postur tubuh harus seperti bek. Kiper mutlak (tingginya) 180 cm ke atas,” kata Bima Sakti.

Baca juga : Komunikasi Belum Tentu Jadi Koalisi

Para pemain sudah melalui internal game pada di lapangan ABC Senayan, Jakarta. Pada kesempatan itu Bima Sakti mencoba seluruh pemain untuk dimainkan. Pemusatan latihan di Jakarta ini digelar hingga 28 Agustus mendatang.

“Materi latihan setiap akhir pekan ada internal game, dan ini sebenarnya kita baru dua hari latihan. Kondisi pemain memang belum sempurna, hal ini wajar karena ada pemain yang sudah lama tidak latihan. Ada beberapa pemain yang kram, ada yang kondisinya menurun, itu jadi evaluasi buat kita,” kata Bima Sakti.

Saat ini, PSSI juga sedang melakukan seleksi terbuka di 12 kota dengan dibantu oleh klub dan Asprov tuan rumah setempat. Nantinya para pemain yang terpilih akan bergabung di seleksi tim U-17 Indonesia di Jakarta pada awal Agustus mendatang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.