Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Pramusim La Liga

Tampil Moncer, Fermin Lopez Bikin Barca Garang

Rabu, 2 Agustus 2023 05:24 WIB
Fermin Lopez. (Foto : Ist)
Fermin Lopez. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenangan Barcelona atas Real Madrid di laga pramusim menghadirkan satu bakat baru dari akademi La Masia, yakni Fermin Lopez. Gelandang 20 tahun itu tampil gemilang dalam kemenangan 3-0 atas sang rival abadi.

Seperti diberitakan 𝘛𝘩𝘦 𝘈𝘵𝘩𝘭𝘦­ 𝘵𝘪𝘤, Selasa (1/8), perjalanan Fermin Lopez masuk dalam skuad utama Barcelona sungguh tak diduga.

Keikutsertaannya dalam tur pramusim ke Amerika Serikat bahkan sudah dianggap sebagai kejutan. Sampai musim lalu, Fermin Lopez dianggap tak cukup bagus untuk skuad Barcelona B.

Fisiknya dinilai lemah, sehingga ia dipinjamkan ke Linares yang bermain di divisi tiga Liga Spanyol. Namun, justru di sanalah ia bersinar.

Baca juga : Tanpa Messi, Argentina Tetap Bahaya

Pada paruh kedua musim 2022-23, ia sukses mencetak 11 gol dan dua asis dalam 19 pe­nampilan, membantu tim finis keenam di klasemen akhir. Berkah untuk Fermin kemudian hadir tak sampai sebulan lalu, saat ia diminta ikut latihan bersama tim utama.

Sejumlah pemain senior Barcelona belum hadir saat itu karena masih berlibur, sehingga pelatih Xavi Hernandez memutuskan memanggil beberapa pemain muda, dan Fermin menjadi satu di antaranya.

Baru sepekan pertama latihan, Xavi langsung terkesan dengannya dan memutuskan untuk membawa Fermin ke AS. Cedera yang dialami Gavi membuatnya mendapat kesempatan tampil di pramusim.

Ia turun di babak kedua saat Barcelona kalah 3-5 dari Arsenal. Lalu, dia kembali dimainkan selama 25 menit melawan Madrid. Pada laga kedua itulah, Fermin Lopez bersinar dengan mencetak satu gol dan satu assist.

Baca juga : Juara Liga Champions, Pep Pingin Raih Treble Winners Tiap Musim 

Fermin dengan jitu melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-85, menambah keunggulan Barcelona menjadi 2-0. Ia kemudian memberi umpan terobosan kepada Ferran Torres yang mencetak gol ketiga di 𝘪𝘯𝘫𝘶𝘳𝘺 𝘵𝘪𝘮𝘦.

“Dia pemain berbakat, dia tahu caranya melepaskan umpan jitu. Padahal itu kekurangannya di musim lalu. Dia mencetak gol indah dengan kaki kiri dan memberi asis untuk Ferran dengan kaki kanan, jadi dia bisa memakai dua kakinya dengan baik,” ujar Xavi.

“Dia juga bisa bermain di banyak peran mulai dari winger hingga gelandang tengah. Tak mudah mencari pemain selengkap itu. Saya menyukainya. Sikapnya menyenangkan,” tambah Xavi.

Meski demikian, tak ada jaminan bahwa Fermin Lopez akan terus bertahan di tim utama selepas tur. Barcelona juga masih berupaya mendatangkan pemain baru, yang bisa membuatnya dikembalikan ke Barcelona B.

Baca juga : Hasil Akhir La Liga: El Real Runner Up, Atletico Ketiga

Tapi, Xavi menegaskan jika Fermin terus menunjukkan peningkatan, ia berpeluang dipertahankan. Pelatih 43 tahun itu siap memberi kesempatan pada pemain muda bersinar, seperti yang ia lakukan pada Gavi, Pedri, hingga Alejandro Balde.

“Apakah dia akan bertahan di tim utama? Itu tergantung padanya. Dia bisa membantu kami. Dia harus tetap menjaga mentalitasnya. Saya tak pernah takut memakai pemain muda dan kalau dia pantas, dia akan ada di dalam tim,” jelas Xavi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.