Dark/Light Mode

Pergantian Pelatih Di Liga Jerman

Munchen Pecat Nagelsmann

Sabtu, 25 Maret 2023 07:00 WIB
Julian Nagelsmann. (Foto: Getty Images).
Julian Nagelsmann. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Klub raksasa Jerman Bayern Munchen secara mendadak memecat pelatih Julian Nagelsmann pada Jumat (24/3) pagi WIB. Kabarnya, Thomas Tuchel jadi penggantinya.

Pemecatan Nagelsmann terjadi dua tahun lebih cepat dari kontraknya yang baru ha­bis 2025. Bayern Munchen kabarnya sudah menghubungi Thomas Tuchel, dan menjan­jikannya kontrak berdurasi 2,5 tahun. Artinya, keputusan Munchen memecat Nagelsmann tidak datang tiba-tiba, di tengah jeda internasional.

Saat kabar ini merebak, Nagelsmann tengah bermain ski di Austria bersama pacarnya untuk menghabiskan waktu libur. Konon ini jadi salah satu alasan mengapa manajemen murka dan akhirnya mendepak Nagelsmann.

Baca juga : Pergi Bulan Madu Tanpa Pasangan

Sebab, situasi tim lagi tidak kondusif setelah kekalahan dari Bayer Leverkusen akhir pekan lalu. Alhasil, Bayern Munchen kini tertahan di posisi kedua klasemen Liga Jerman dengan selisih satu poin dari rivalnya Borussia Dortmund di puncak.

Kebetulan kedua tim akan bertemu 1 April sehingga pe­mecatan Nagelsmann makin masuk akal. Kekalahan yang juga menegaskan performa bu­ruk Munchen selepas pergantian tahun, yakni tiga seri dan dua kekalahan dari 10 laga terakhir.

Selain soal performa buruk, ada juga perselisihan Nagelsmann dengan kapten sekaligus kiper Bayern Munchen Manuel Neuer menyusul dipecatnya pelatih kiper Toni Tapalovic. Padahal, Tapalovic sudah berteman dekat dengan Neuer.

Baca juga : DKPP Tegaskan Pemilu Lima Tahun Sekali

Nagelsmann juga kehilangan kendali di ruang ganti karena kerap bergonta-ganti formasi sehingga para pemain tidak bisa tampil maksimal. Leroy Sane dan Serge Gnabry disebut yang mengeluhkan hal tersebut.

Ditambah para pemain baru di era Nagelsmann banyak yang zonk ketimbang sukses. Hanya Dayot Upamecano yang bisa rutin mengisi starting line-up.

Di musim ini, Matthijs de Ligt juga butuh waktu sebelum jadi langganan utama, lalu Yann Sommer yang memang didatang­kan menggantikan Neuer yang cedera. Tapi, nama-nama seperti Sadio Mane, Ryan Gravenberch, Noussair Mazraoui, Mathys Tel, dan terakhir Joao Cancelo gagal memberikan dampak untuk tim. Marcel Sabitzer bahkan harus dipinjamkan ke Manchester United.

Baca juga : Ketua DPD Desak Pimpinan MPR Segera Gelar Rapat Gabungan

Selain itu tingkah laku Nagelsmann di luar lapangan seperti gosip kedekatan dengan wartawati BILD yang kini jadi pacarnya serta gaya berpakaian juga jadi pertimbangan.

Maka dari itu tidak ada pilihan selain memberhentikan Julian Nagelsmann dari pekerjaannya. Meski demikian, Nagelsmann tidak perlu khawatir karena dia tetap digaji sampai menemukan klub baru. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.