Dark/Light Mode

Pembalap Indonesia Kuasai Race 2 ARRC 2023, Bamsoet Beri Pujian

Senin, 14 Agustus 2023 21:29 WIB
Para pembalap muda Indonesia menjuarai Race 2 kelas Asia Production 250 Asia Road Race Championship 2023 (ARRC 2023) seri ke-4, di Sirkuit Mandalika, NTB, Minggu (13/8). (Foto: Dok. IMI)
Para pembalap muda Indonesia menjuarai Race 2 kelas Asia Production 250 Asia Road Race Championship 2023 (ARRC 2023) seri ke-4, di Sirkuit Mandalika, NTB, Minggu (13/8). (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembalap muda Indonesia sukses 'menguasai' podium juara I, II, dan III, Race 2 kelas Asia Production 250 (AP250) Asia Road Race Championship 2023 (ARRC 2023) seri ke-4 yang diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (13/8). Kesuksesan ini dipuji Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo.

Dalam balapan itu, juara 1 diraih pembalap Astra Honda Racing Team Herjun Atna Firdaus. Juara II diraih Rheza Danica Ahrens yang juga dari Astra Honda Racing Team. Sedangkan Juara III oleh Irfan Ardiansyah dari Motul Sniper Manual Tech.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Besok Di Jakarta, Selasa 15 Agustus 2023, BMKG: Cerah Dari Pagi

"Prestasi membanggakan lainnya juga diraih pembalap NTB Arai Agaska Dibani Laksana yang sukses menjuarai race kedua kelas UB150 ARRC 2023. Start dari posisi ke-29, tidak mematahkan semangat juangnya hingga bisa menempati podium pertama setelah menang sangat tipis atas pembalap Malaysia, Nazirul Izzat," ujar Bamsoet, di Jakarta, Senin (14/8).

Ketua MPR ini menjelaskan, selain memberikan dampak positif bagi peningkatan prestasi atlet balap nasional, penyelenggaraan ARRC 2023 seri ke-4 di Mandalika juga memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat. Mandalika Hotel Association (MHA) melaporkan, tingkat okupansi hotel selama penyelenggaraan ARRC 2023 mencapai 90 persen lebih. Khusus untuk hotel-hotel besar seperti hotel bintang empat hingga lima bahkan tingkat okupasinya mencapai hingga 100 persen.

Baca juga : Peserta BSBI Diharap Jadi Duta Indonesia

"Tidak hanya hotel di area Mandalika, berbagai hotel di desa penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika seperti di Desa Prabu hingga Desa Mawun, sampai ke Desa Selong Belanak, juga merasakan dampak positif dari penyelenggaraan ARRC 2023. Termasuk UMKM, kuliner, transportasi, dan berbagai jasa lainnya. Perputaran uang selama penyelenggaraan ARRC 2023 di Mandalika bahkan diperkirakan mencapai Rp 300 miliar," jelas Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini juga turut berempati atas kecelakaan yang dialami pembalap Jepang, Haruki Noguchi, di kelas Asia Superbike 1.000. Setelah diberikan pertolongan pertama di Medical Center Pertamina Mandalika International Street Circuit, kemudian dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB.

Baca juga : Garuda Indonesia Resmi Buka Rute Ke Jeddah Dari Makassar

"Apresiasi perlu diberikan kepada seluruh jajaran tim medis di Medical Center Pertamina Mandalika International Street Circuit dibawah komando dr. Eko serta supervisi dari Komisi Medis IMI Pusat dr. Zaini Hamzah. Kerja keras tim medis yang menggunakan tenaga lokal Indonesia, bukan tenaga asing, berhasil memberikan pertolongan pertama serta membawa Haruki Noguchi ke RSUP NTB untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Semoga tidak terjadi kondisi fatal yang bisa membahayakan nyawanya," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.