Dark/Light Mode

Piala AFF 2023

Malaysia Vs Timnas, Harimau Malaya Waspada Kekuatan Garuda Muda

Rabu, 16 Agustus 2023 05:41 WIB
Timnas U-23 saat latihan. (Foto : PSSI)
Timnas U-23 saat latihan. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Malaysia mulai mewaspadai kekuatan tim U-23 Indonesia sejak dipoles pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Apalagi, Malaysia berada satu grup dengan Indonesia dam Timor Leste di Grup B.

Pelatih U-23 Malaysia, Elangowan Elavarasan mengaku ngeri melihat tim U-23 Indonesia. Pasalnya, dia harus membayar kesalahan usai gagal mengantarkan Malaysia U-22 lolos dari penyisihan grup SEA Games 2023 Kamboja.

Sementara langkah Malaysia untuk mendapatkan hasil bagus di Piala AFF U-23 mengalami kendala besar. Pasalnya, Elangowan Elavarasan menilai Timnas Indonesia U-23 terlihat lebih kuat karena dilatih Shin Tae-yong.

Rencananya, ajang tersebut berlangsung di Thailand pada 17-26 Agustus mendatang. “Pelatih tim utama Indonesia (Shin Tae Yong) mengambil alih. Di bawah bimbingannya, mereka terlihat kuat,” ujar Elangowan.

Baca juga : TC Berakhir, Timnas U-23 Bakal Makin Gacor

Meski mendapatkan hasil mengecewakan di SEA Games 2023, tetapi Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM) masih mempercayai Elangowan Elavarasan sebagai pelatih.

Bahkan, FAM menargetkan Elangowan Elavarasan untuk bisa membawa Malaysia mencapai babak final. Sementara Elangowan Elavarasan menilai kegagalan di SEA Games 2023 bisa terjadi kepada tim manapun.

Menurutnya, untuk mendapatkan hasil bagus, sebuah tim membutuhkan waktu. “Apa yang terjadi di SEA Games adalah sesuatu yang bisa terjadi di sepak bola. Tim butuh waktu dan pengalaman,” kata dia.

“Setiap hal baru membutuhkan waktu. Kami tidak bisa langsung menjadi juara meski Anda memiliki Jose Mourinho,” tambahnya.

Baca juga : Lulusan Perguruan Tinggi Harus Mampu Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Elangowan Elavarasan memiliki kendala seperti Shin Taeyong untuk tampil di Piala AFF U-23 2023. Pasalnya, ada beberapa pemain yang tak diberi izin karena kompetisi Liga Super Malaysia sedang berjalan.

Malaysia akan berhadapan dengan Indonesia di laga perdana Grup B Piala AFF U-23 2023. Pertandingan nanti akan berlangsung di Rayong Provincial Stadium, Rayong, Thailand, Jumat (18/8/2023).

Sementara itu, pelatih tim U-23 Indonesia, Shin Tae-yong menegaskan bahwa skuad Garuda Muda datang ke sana bukan untuk berlibur. Ia telah memanggil 23 pemain untuk berjuang di Piala AFF U-23 2023.

Sayangnya, Shin Tae-yong tak bisa membawa seluruh pemain terbaiknya di ajang tahunan ini. Dirinya tak dapat menyertakan pemain-pemain U-23 yang berlabel bintang di Liga 1 2023/2024.

Baca juga : Penyusunan RAPBN 2024 Dimulai, PSI Optimis, Tapi Ingatkan Tetap Waspada!

Di antaranya Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Adi Satryo, Dzaky Asraf, hingga Fajar Fathur Rahman. Akan tetapi, hal itu tak menyurutkan semangat Shin Taeyong untuk bisa membawa timnas Indonesia U-23 meraih hasil positif di ajang tersebut.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini menegaskan bakal menempa para pemainnya sebaik mungkin untuk bisa meraih hasil manis. “Meskipun pemain tidak komplet, mereka berangkat ke Thailand tidak untuk berlibur,” tegasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.