Dark/Light Mode

Meriah, OnePrix 2023 Palangka Raya Padukan Olahraga Dan Budaya Lokal

Senin, 5 Juni 2023 11:32 WIB
Tiga rider Yamaha yakni Felix Putra Mulya, Chandre Hermawan, dan Fahmi Bassam berhasil menempati tiga urutan teratas dalam ajang balap motor OnePrix 2023 Putaran 2 di Sirkuit Sabaru, Palangka Raya, yang digelar selama dua hari, 3-4 Juni. (Foto : ist)
Tiga rider Yamaha yakni Felix Putra Mulya, Chandre Hermawan, dan Fahmi Bassam berhasil menempati tiga urutan teratas dalam ajang balap motor OnePrix 2023 Putaran 2 di Sirkuit Sabaru, Palangka Raya, yang digelar selama dua hari, 3-4 Juni. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah sumringah menyambut ajang balap motor OnePrix 2023 Putaran 2 di Sirkuit Sabaru, Palangka Raya, yang digelar selama dua hari, 3-4 Juni.

Mereka rela berduyun-duyun menyaksikan kasta kejuaraan nasional balap motor bebek tertinggi di tanah air tersebut. 

Banyak hal menarik yang mengiringi gelaran OnePrix kali ini. Selain adanya unsur olahraga motorsports, OnePrix di Palangka Raya juga memadukan unsur budaya.

Misalnya pertunjukan tarian lokal khas Kalteng dan penggunaan pakaian khas Kalteng untuk para umbrella girls. 

Baca juga : Peringati Hari Pancasila, Ganjar Resmikan Alun-Alun Pancasila Di Boyolali

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengaku bersyukur daerahnya dapat dipercaya untuk menggelar ajang balap OnePrix 2023. 

"Penyelenggaraan OnePrix tahun ini ada di lima kota. Putaran pertama sudah terlaksana di Sentul dan saya bersyukur untuk agenda kedua musim ini, digelar di Palangka Raya. Bagi saya, yang membanggakan adalah ini merupakan penyelenggaraan pertama di luar Pulau Jawa," kata Fairid, Minggu (4/6). 

Fairid berharap gelaran ini menjadi momen pertukaran ilmu dari aspek keolahragaan. "Saya berharap para tamu bisa menikmati Palangka Raya dan meninggalkan kesan baik terhadap kota ini," ungkapnya. 

Antusiasme warga Palangka Raya memang luar biasa. Sejak pukul 10.00 WIB, seluruh tiket baik paddock maupun tribun sudah habis terjual. Tercatat ini merupakan rekor penonton OnePrix yang pernah ada sejak digulirkan 2019 lalu.

Baca juga : Papua Coffee Expo 2023, Upaya Kembangkan Kopi Papua Berdaya Saing Global

Hal itu diaminkan CEO PT OMM, Arlan Perkasa Lukman. Kata Lukman, dirinya takjub sekaligus happy melihat respon masyarakat terhadap gelaran OnePrix 2023 Putaran 2 di Sirkuit Sabaru ini. Menurutnya, ini merupakan contoh bahwa event olahraga itu sangat krusial untuk pergerakan roda ekonomi daerah.

"Animo luar biasa dari masyarakat Palangka Raya. Gelaran ini memiliki dampak positif bagi perputaran ekonomi di wilayah Palangka Raya. Mulai dari hotel-hotel dan rumah makan yang terisi penuh untuk para tamu, tim peserta, hingga rental kendaraan," ucap Arlan.

Belum lagi, tambahnya, dengan banyaknya UMKM yang terlibat dalam gelaran kali ini. Untuk itu dirinya mengaku akan kembali ke Palangka Raya tahun depan.

"Melihat dari jumlah penonton yang hadir langsung ke Sirkuit Sabaru, serta keramahan warga kota Palangka Raya, bukan tidak mungkin kami akan mempertimbangkan pembukaan OnePrix musim depan," jelas Arlan. 

Baca juga : Siap Digelar, DXI 2023 Hadirkan Pameran Hingga Olahraga Tangki Selam Raksasa

Adapun pada pertarungan kelas Novice, tiga rider Yamaha yakni Felix Putra Mulya, Chandre Hermawan, dan Fahmi Bassam berhasil menempati tiga urutan teratas. Bagi Felix, ini merupakan podium pertamanya di musim 2023. Rider asal Jawa Barat itu menyelesaikan 16 lap dengan catatan waktu 15 menit 18.849 detik. 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.