Dark/Light Mode

Saksikan Mobil Ikonik Karya Anak Bangsa

Bamsoet Ajak Delegasi FIA Region II Kunjungi Workshop Tuksedo Studio Bali

Senin, 18 September 2023 22:33 WIB
Para delegasi FIA Region II berkunjung ke Workshop Tuksedo Studio Bali. (Foto: Dok. IMI)
Para delegasi FIA Region II berkunjung ke Workshop Tuksedo Studio Bali. (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi keberhasilan Tuksedo Studio Bali menyelesaikan pesanan mobilnya, 'Mercedes Benz' 300 SL Gullwing yang menjadi ikonik dunia dibuat secara handmade dari tangan anak bangsa. Kendaraan tersebut diserahkan Direktur Utama Tuksedo Studio Laksamana Gusti Handoko kepada puteri Bamsoet, Saras Shintya Soesatyo, sekaligus mendapatkan apresiasi dari Presiden Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) Dunia Mohammed Bin Sulayem.

Sebagai tuan rumah yang diberikan kepercayaan FIA Region II Asia Pacific menyelenggarakan FIA Region II Rountable, IMI sengaja memanfaatkan momen ini untuk sekaligus mempromosikan berbagai kehebatan anak bangsa di dunia otomotif. Salah satunya dengan mengajak para delegasi FIA Region II Rountable mengunjungi workshop Tuksedo Studio Bali yang memproduksi mobil-mobil legend dunia atau ikonik yang saat ini sudah langka.

Baca juga : Serahkan Trofi Juara Formula E, Bamsoet Apresiasi Balapan Berlangsung Sukses

"Sehingga mereka bisa melihat langsung kehebatan kreasi dan inovasi anak bangsa dalam membuat kendaraan klasik legendaris dari nol. Dimulai dari tahap 3D design, rekonstruksi rangka, memasang plat alumunium berbobot ringan, hingga tidak melupakan pembangunan aspek estetika dan ergonomi mobil. Sebagaimana terlihat dalam 'Mercedes Benz' 300 SL Gullwing pesanan saya yang telah dikerjakan dengan sempurna selama satu tahun lebih," ujar Bamsoet, usai menyaksikan penyerahan 'Mercedes Benz' 300 SL Gullwing, dalam rangkaian jamuan makan malam bersama delegasi FIA Region II Rountable, di Tuksedo Studio Bali, Senin (18/9).

Ketua MPR ini menjelaskan, Tuksedo Studio menjadi rumah bagi para seniman otomotif dalam membuat mobil klasik secara handmade. Para pekerja di Tuksedo Studio berasal dari sumber daya manusia lokal Bali dan sekitarnya, dengan rata-rata bergelar sarjana, selain juga membuka kesempatan kepada para mahasiswa untuk magang.

Baca juga : Bamsoet Ajak Semua Elemen Perkuat Ketahanan Budaya Bangsa

"Kehadiran Tuksedo Studio telah membuktikan bahwa anak bangsa mampu membuat kendaraan dengan kualitas internasional. Lokasi workshop yang berada di Bali juga menjadikan Tuksedo Studio sebagai destinasi sport automotive tourism yang bisa menarik wisatawan datang ke Bali," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kadin Indonesia ini menerangkan, selain 'Mercedes Benz' 300 SL Gullwing (1954 1957), Tuksedo Studio Bali juga mampu memproduksi berbagai kendaraan klasik legendaris lainnya. Seperti 'Porsche' 356 Speedster (1957), 'Porsche' 356 A Coupe (1955-1959), 'Porsche' 550 Spyder (1953-1956), 'Toyota' 2000 GT 1968 (1967-1970), 'Jaguar' XK 120 (1948-1954), 'Ferrari' 250 GTO (1962-1964), hingga 'Maserati' 450S (1956-1958).

Baca juga : Bamsoet Puji Mobil Klasik Karya Tuksedo Studio Bali

Kendaraan klasik punya pesona tersendiri. Tidak mudah mendapatkannya, selain tidak diproduksi lagi oleh pabrikan aslinya, jumlahnya yang terbatas dan sudah dimiliki berbagai kolektor, menjadikan nilai jualnya sangat tinggi. Sebagai contoh, Mercedez-Benz 300 SL Gullwing yang dilelang di Christie berhasil laku dijual mencapai 4 juta dolar AS. 

"Kehadiran Tuksedo Studio Bali bisa menjadi jawaban bagi para pecinta kendaraan klasik dari berbagai negara dunia untuk memiliki kendaraan klasik impiannya dengan harga terjangkau. Hasil pengerjaannya tidak kalah dibandingkan produk aslinya. Kesan elegannya tetap terasa, seperti memiliki kendaraan aslinya," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.