Dark/Light Mode

Indonesia Jadi Host Konferensi Regional Spesial Olympics Asia-Pasifik

Senin, 18 September 2023 19:35 WIB
Menpora Dito Ariotedjo dan pengurus SOina. (Foto : Ist)
Menpora Dito Ariotedjo dan pengurus SOina. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia akan menjadi tuan rumah konferensi regional Spesial Olympics Asia-Pasifik. Sebanyak 34 negara akan ke Indonesia pada acara yang akan digelar November 2023.

SOIna adalah satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga Tunagrahita di Indonesia

Hal itu disammpaikan Warsito Ellwein selaku Ketua PP SOIna saat menghadap Menpora Dito Ariotedjo, Senin (18/9).

Baca juga : Siap-Siap, Indonesia Bakal Jadi Penghasil Energi Surya Terbesar Di Asia Tenggara

Selain agenda konferensi tersebut, SOIna juga menyampaikan rencana untuk ikut bidding menjadi tuan rumah Special Olympics World Games (SOWG) 2027. Dalam rangka persiapan bidding tersebut, SOIna bermaksud mendiskusikan teknisnya dengan Menpora.

"Nanti kami ke Special Olympics internasional, untuk memastikan hak dan kewajiban kita apa sebagai penyelenggara, sebagai tuan rumah. Kemudian yang perlu dipersiapkan, fasilitasnya apa-apa saja," beber Warsito.

Dikatakan, keberhasilan menyelenggarakan Special Olympics World Games itu akan menjadi ukuran indonesia untuk bidding tuan rumah Olimpiade tahun 2036. Selain itu bila keinginan menjadi tuan rumah itu terwujud, akan ada sekira 200-an negara yang akan datang ke Indonesia. 

Baca juga : Top, Siswa Indonesia Raih Medali Olimpiade Fisika Di Tokyo

"Artinya Indonesia akan dikenal. Kemudian banyak hal yang bisa kita tawarkan. Kerja sama ekonomi, turisme, segala macam," terang Warsito.

Menpora Dito sendiri menyambut baik dan optimistis perihal rencana SOIna tersebut. Kemenpora dalam hal ini mendukung agenda SOIna dalam berkontribusi pada dunia olahraga Indonesia. Apalagi anak-anak bertalenta khusus Indonesia telah banyak berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia.

"Para atlet SOIna memiliki talenta khusus, semangat juang yang sangat tinggi. Sehingga mereka bisa menjadi inspirasi masyarakat Indonesia termasuk diri saya sendiri," tutur Menpora Dito. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.