Dark/Light Mode

Satgas Anti Mafia Bola Dibentuk, Erick: Ini Kerja Nyata Demi Sepak Bola Bersih

Rabu, 20 September 2023 18:04 WIB
Satgas Anti Mafia Bola Dibentuk, Erick: Ini Kerja Nyata Demi Sepak Bola Bersih

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menegaskan, pembentukan Satgas Anti-Mafia Bola merupakan wujud perhatian penuh Presiden Jokowi terhadap pembenahan sepak bola Tanah Air.

Satgas Anti Mafia Bola merupakan kolaborasi antar individu independen dan PSSI.

Ini merupakan kerja nyata mendorong pembenahan sepak bola nasional, agar bersih secara menyeluruh. Terutama, yang menyangkut praktik pengaturan skor dan pertandingan.

Baca juga : Ganjar: 100 Persen Lulusan Diterima Kerja Bukan Mimpi Siang Bolong

"Tadi pagi, saya dipanggil Pak Presiden. Selain melaporkan kesiapan Piala Dunia U-17 dan rencana peletakan batu pertama Pusat Latihan Nasional PSSI di IKN, secara khusus saya diperintahkan untuk memberi perhatian serius soal praktik pengaturan pertandingan dan mafia sepakbola. Serta meminta keterlibatan tokoh-tokoh independen, agar jelas transparansinya," jelas Erick Thohir di Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Erick menambahkan, atas arahan Presiden dan dorongan untuk melakukan intropeksi secara internal, keterlibatan beberapa tokoh independen dalam Satgas diyakini akan memberikan dampak nyata dalam mewujudkan PSSI sebagai organisasi yang gamblang, bersih, dan terbuka atas berbagai input serta temuan segala praktik kecurangan.

Satgas Anti-Mafia Sepakbola, beranggotakan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2015-2019 Maruarar Sirait, presenter TV Najwa Shihab, mantan Ketua BPKP Ardan Adiperdana, dan koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali.

Baca juga : Jelang Laga FIFA Matchday Melawan Turkmenistan, Erick Semangati Tim Merah Putih

"Jika melihat individu-individu dalam tim ini, saya jamin Satgas bisa bekerja maksimal. Mereka bisa langsung laporkan temuan ke Presiden, karena tujuannya untuk percepatan dalam membersihkan sepak bola," papar Erick.

"Satgas ini juga akan berkolaborasi dengan FIFA, sebagai bagian transparansi," lanjutnya.

Jangan Masuk Angin

Maruarar yang didapuk menjadi Ketua Satgas Anti Mafia Bola menegaskan komitmennya, untuk menjadi bagian penting transparansi dan transformasi sepakbola nasional.

Baca juga : Hilangkan Sekolah Favorit

"Saya apresiasi karena bersama-sama orang hebat di satgas ini. Kami akan berkomitmen agar tim ini tidak masuk angin, tidak boleh gentar, dan tidak boleh takut, serta tidak pilih kasih," tutur Maruarar.

"Akan ada auditor terpercaya serta komunikasi yang baik dengan pihak Polri dan kejaksaan, jika kami ingin mengungkap kasus yang terkait aturan hukum," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.