Dark/Light Mode

Disikat Kapolri Dan Erick

Mafia Bola Tak Berkutik

Jumat, 29 September 2023 07:50 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) bersama Ketum PSSI Erick Thohir (ketiga kiri). (Foto: Antara)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) bersama Ketum PSSI Erick Thohir (ketiga kiri). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kolaborasi antara Ketua Umum PSSI Erick Thohir dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mulai membuahkan hasil. Mafia bola yang selama ini telah mencoreng dunia sepak bola dalam negeri akhirnya berhasil disikat. Sejauh ini, sudah ada 6 orang yang ditetapkan tersangka, dan berpotensi bakal bertambah. Kini, mafia bola tak berkutik lagi.

Penangkapan 6 orang yang diduga mafia bola itu disambut suka cita para penggemar sepak bola di Indonesia. Apalagi, penangkapan itu hanya berselang 7 hari setelah Erick membentuk Satgas Mafia Bola, Rabu (20/9/2023).

Baca juga : Komit Berantas Mafia Bola, Polri Tetapkan 6 Tersangka Match Fixing Liga 2

Mendengar kabar itu, Erick pun langsung girang. Menteri BUMN itu mendukung berbagai upaya penegakan hukum terhadap pelaku pengaturan skor yang selama ini tak tersentuh.

“Kami akan terus mendukung kepolisian dan Satgas Anti Mafia Bola dalam upaya membersihkan liga sepak bola kita dari segala bentuk kecurangan,” kata Erick di akun X miliknya, @erickthohir, Kamis (28/9/2023).

Baca juga : Puslat Bola Mulai Dibangun Di IKN, Erick: Impian Lama Yang Sudah Ditunggu

Mantan Presiden Inter Milan itu mengapresiasi para penegak hukum seperti kepolisian dan Satgas Anti Mafia Bola yang berhasil membongkar kecurangan ini. Tak butuh waktu lama, 6 orang yang terlibat dalam pengaturan skor di Liga 2 beberapa tahun lalu, langsung disikat. Empat dari 6 yang terlibat, diketahui berprofesi sebagai wasit.

Untuk diketahui, Rabu (20/9/2023), Erick resmi membentuk Satgas Mafia Bola. Dalam Satgas itu, Erick melibatkan sejumlah tokoh profesional masuk dalam jajaran pengurus. Mulai dari presenter Najwa Shihab, Maruarar Sirait, mantan Kepala BPKP Ardan Adiperdana, hingga pengamat sepak bola Akmal Marhali.

Baca juga : Di Bursa Cawapres, Erick Masih Terkuat

Dalam aksinya, Satgas Mafia Bola bentukan Erick itu berkolaborasi dengan Satgas yang dibentuk Kapolri. Terbukti, kolaborasi dua Satgas berbeda institusi itu langsung ada hasilnya.

Kasatgas Anti Mafia Bola Polri Irjen Asep Edi Suheri mengatakan, berdasarkan hasil penyidikan, pihaknya memperoleh bukti yang cukup untuk menciduk 6 orang tersangka. Mereka adalah K selaku LO wasit, A selaku kurir pengantar uang, R sebagai wasit tengah, T selaku asisten wasit 1, R asisten wasit 2, dan A wasit cadangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.